nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) Atau Indoprix 2016; Yamaha Tak Ambil Bagian! Peserta Disubsidi Sidrap, Loh!

 

ManiakMotor – Indoprix (IP) memang beda namanya dengan Kejurnas Balap Motor (KBM), walau statusnya setara. IP dikelola promotor ‘swasta’ dan KBM diselenggarakan oleh PP IMI. KBM tahun ini digadang-gadang tetap jalan namun terpusat di sirkuit Bukit Mario, Sidrap, Sulsel, bahkan ada lima seri. Nanti ini ditulis tersendiri yang namanya jadi Sidrap Prix Nasional Nigth Race (SPNNR), karena diselenggarakan malam. Khusus mempertandingkan bebek tertinggi seperti kelas yang ada di IP.

KBM  sebagai kasta tertinggi balap bebek tanah air, memang 2015 lalu  tetap berjalan dengan segala catatan. Tak ada lagi ada siaran langsung televisi dan penyusutan berbagai fasilitas. “Sebenarnya ada yang mengajukan menjalankan KBM 2016. Namun untuk kepastian sementara disisipkan di Sidrap, karena di sana lebih siap,” jelas Eddy Horison dari Biro Olahraga Motor PP IMI.

Tahun lalu squap sayap mengepak alias Honda sudah menyatakan mundur. Kalo pun ada Honda yang sesekali ikut, bukan atas nama pabrikan. Nah 2016 justru terdengar info bahwa kalo pun ada KBM,  Yamaha tak akan lagi fokus ke sana. “Memang begitu! Untuk balap bebek, itu di Motorprix. Sedang sport, fokus pada IRS yang berstatus kejurnas dengan Sport 250 dan Sport 150. Jadi tidak ada tim yang khusus KBM,” terang Supriyanto, Manager Motor Sport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Balap Indoprix itu mahal karena di berbagai sirkuit yang jauh. Bisa bayangin kalau sekali balap habis Rp 60-80 juta. Belum lagi soal hadiah yang gak jelas,” tambah Supriyanto, menerangkan bahwa seri Yamaha Sunday Race akan siap dihelat pertengahan Maret nanti. 

Dengan kondisi ekononomi saat ini, tentu jadi pertimbangan logis. Banyak sponsor yang kencangkan ikat pinggang, sampai perut jadi kecil baaaaangat gara-gara ikat pinggangnya, hehe. Efisiensi budget hingga 30-50 persen. “Di klausul kontrak, tidak main di Indoprix yang sekarang KBM. Hanya tarung Motorprix dan IRS (kejurnas 250 dan 150 cc). Itu yang di luar one make race,” bilang Novi Endaryono, General Manager Yamaha Bahtera salah satu squad andalan Yamaha tahun ini.

Kembali diingatkan oleh Horison, bahwa balapan SPNNR statusnya sama dengan IP atau KBM. Tentu saja mempertandingkan bebek tune-up dari 150, 125 dan 110. Juga ada subsidi buat pembalap dan tim yang ikut kelas KBM. “Bahkan pihak Sidrap akan memfasilitasi pengangkutan lewat kapal laut. Motor juga bisa ditinggal di Sidrap, bila lima seri itu bisa distatuskan setara KBM atau IP. Tapi kelanjutannya akan diumukan selanjutnya,” tambah Horison sembari membisikan jumlah subsidinya.

Berapa itu subsidnya, ya tanya Horison sendiri, dong. Ardel

BACA JUGA

Mekanik Blak-Blakan Potensi All New Satria F150 Fi (Injeksi) Di Balap Motor, Hadangan MX King-Sonic 150R!

Sidrap Prix 2015 Night Race SP 150: Sonic 150R Vs Mx-King Vs FU! Pemenangnya?

Baca Ini Kalau Road Race Indonesia Mau Ramai Lagi (1), Regulasi Tak Tahu Diri..!

Road Race 2016: Tim Besar Yamaha, Jadi Honda Trijaya, Mlethiz Gantikan Posisi Benny Djati???

 

BAGIKAN