nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) Tasikmalaya; IP150 Atau UB/Sport 155, MX King Vs FU Vs Sonic 150R!


ManiakMotor – Ini yang ditunggu! Persaingan Underbone (UB)/Sport 150 cc makin ramai. Disebut ramai sudah pasti hadir penantang baru. Jadi tolak ukur performa untuk proses selanjutnya. Di seri sebelumnya di Sentul International Circuit (SIC) Yamaha MX King 150 Rusmal Fadhil mampu mendominasi di event yang dulu IndoPrix tapi sekarang sudah berubah jadi Kejurnas Balap Motor. Bedanya ya nggak ada siaran langsung di tv.

Di sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jabar (19-20/9) siap beradu dengan Honda Sonic 150 dari tim Honda Kawahari Racing.  Lho kok Honda turun? Kan katanya nggak mau ikit kalau di pasar senggol, takut kalah, hehe. Berarti ini yakin menang dong. Kan sudah berani ikut. Ah lanjut tulisannya. Juga tetap hadir Suzuki FU dikebut Rapid Topan.

“Kalo tidak dimulai dari sekarang kapan lagi. Beberapa tim lain kita juga dorong untuk memulai riset di kelas 150. Kelas ini memang potensial, tapi memang harus di atur, kalau bebek ya bebek,” nilai Supriyanto, Manager Motorspot PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Kata dia, tahun ini kelas 150  memang belum disuport pabrikan Yamaha, tapi tahun depan pasti. Terlebih tahun depan kelas ini memang jadi kelas utama.

Hingga berita ini diketik telah berlangsung sesi latihan resmi dan diikuti 9 starter. Tercepat di sesi ini masih dipegang Rusman Fadhil, MX King olah Hawadis itu mencetak 53.685 detik. Tercepat kedua ada Honda Sonic bersama Dany Keder (53.870 detik), gap keduanya 0.185 detik. So, menarik ditunggu hasil kualifikasi nanti. Pastinya,”Seri ini kita juga sudah turunkan MX King. Sentul Kecil lalu belum siap set rasionya,”ujar Koh Yonk, owner tim Yamaha Yonk Jaya dengan rider andalan Richard Taroreh.

Secara teknis dari mesin jelas Sonic dan FU punya keunggulan pada volumetriknya lewat dua kem atau DOHC. Tapi kalau di sirkuit patah-patah di luar Sentul Besar, MX punya kelebihan soal gesitnya. Kan motor itu bukan ayam jago, suspensinya teleskopik biasa seperti umumnya bebek. MX King juga masih didukung soal bobot enteng. Karena itu CB150R milik Astra Motor Racing ogah ikut di trek seperti ini, karena kalah lincah. Atau memang sengaja tak ikut. Ardel

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Balap Motor (IndoPrix) Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jabar 19 – 20 September 2015

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015: Galang Pecah Rekor Sentul Kecil Bersama IRC Fasti 1, Mantap!

KBM 2015: SDM FDR Service Car Makin Terampil

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Sentul (Seri 3): UB110 Galang-Rheza, Bebek Terbakar!

Kejurnas Balap Motor (KBM) Seri 3 Sentul: UB 125, Galang-Rheza, Z1 Young Guns!

Kejurnas Balap Motor (KBM) 2015 Seri 3 Sentul: Z1 Pecahkan Rekor Sentul Kecil, UB125 dan 110 Galang Hendra!

BAGIKAN