nhk

Kejurnas Balap Motor (KBM) Tasikmalaya; UB/SP150, MX King Vs Sonic 150 R, FU?

 

ManiakMotor – Hawadis juru korek Yamaha MX King 150 dan Suhartanto alias Kupret kliker Honda Sonic 150R punya suara tegas. Keduanya sama-sama mengkalim tenaga MX King dan Sonic 150R baru 50 persen berlari  di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jabar (20/9) dalam rangka Kejurnas Balap Motor, walau total point (race 1 dan 2) mutlak milik MX King. Bahkan Sonic masih tertinggal dari Suzuki FU dari akumulasi dua race itu.

MX  King korekan Hawadis yang menonjol dikebut R. Fadhil (Traxxion Suspension End Vesran). Lalu Sonic 150R dari Honda Kawahara Racing IRC (HKRI) ditunggangi Deny Keder. Sebenarnya HKRI membawa dua Sonic 150R, tapi yang podium hanya Keder, itu pun hanya rece 2. Sedangkan Sonic 150R Wahyu Widodo mengalami masalah pada mesin di race-1 dan 2, mogok. “Kalau saya di race-1 malah jatuh,” kata Keder.     

Bagi Kupret yang merancang Sonic 150R mengaku sudah tak khawatir dengan elektronik mesin. Katanya dia sudah ditunjang ECU aRacer yang software mudah diakses sampai dasar-dasarnya. Maksud dia, mekanik yang baru mengerti ECU pun kan mudah memeta mesin. “Sedang mesin sendiri tinggal dikembangkan dan jalurnya sudah ketahuan di event ini. Saat ini justru suspensi yang masih kurang variasinya,” jelas Kupret.

Sedang Hawadis menjelaskan dia belum terlalu konsentrasi pada MX King 150, lantaran saat yang sama harus merawat kelas lainnya.  “Di seri ini saja saya baru ingin mengetahui soal durasi kem 270o, ternyata masih sangat boleh dikembangkan. Angkatan klep juga masih 8.5 mm,” kata Hawadis yang mengandalkan ECU API Tech dengan throttle body diameter 30 mm.

Tapi sodara-sodara muncul lagi MX King 150 yang tak kalah kinclong. Menang bro di race-1 walau berbau keberuntungan. Itu dia yang dikebut Tamy Pratama dari Yamaha Yamalube FDR SND Racing. “Hasil test dyno, power baru 29,2 dk (11.700 rpm) dan torsi 18,9 Nm dengan ECU Vortex. Riset R15 yang lebih dulu membantu pengembangan MX King, lantaran nyaris sama,” bilang Sandy Agung, pemilik sekalikus kiliker MX King kuning itu.

Dari total poin 1 – 3 adalah MX-King 150. Ke-4 malah Suzuki Satria FU. Honda Sonic 150 R sendiri hanya ke-6 dan silakan lihat hasil di link di bawah. Tapi hasil race-2 yang kedua, yaaah gitu, bisa memancing AHM turun lagi ke IP, eh Kejurnas. “Ini bukan OMR, jadi saatnya pabrikan lain berani turun. Regulasi kudu diperhatikan seperti pemisahan kategori bebek dan sport, rangka dan casting wheel. Harapannya lebih kompetitif dengan biaya tak jor-joran,” kata Supriyanto, Manager Motosport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Didukung deh, bebek ya bebek aja, sport ya sport saja, jangan dicampur. Toh bebek sudah ada tiga pabrikan kan. Ardel    

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Balap Motor (IndoPrix) Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jabar 19 – 20 September 2015

Kejurnas Balap Motor (KBM) Tasik: Milik Rheza Dhanica, Z1 ‘Lokal’ 23,5 Dk!

Kejurnas Balap Motor (KBM) Tasikmalaya: Kualifikasi UB 125/110, Rheza Double Pole, Pecah Rekor Dengan Z1!

Kejurnas Balap Motor (KBM) Tasikmalaya: Kualifikasi Sonic 150R Masih Kalah Dari MX King Dan Satria FU!

Kejurnas Balap Motor (KBM) Tasikmalaya; IP150 Atau UB/Sport 155, MX King Vs FU Vs Sonic 150R!

 

BAGIKAN