nhk

Kejurnas GM Grasstrack 2013 Cilacap, Garuk Pasir, Cocok Untuk Pemula

 

ManiakMotor – Sebut Cilacap, pasti identik dengan laut. Bila kejurnas GM Grasstrack 2013 region Jawa seri tiga diadakan di sana, tantagannya adalah pasir. Benar kan sirkuit Karang Anyar, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, treknya berpasir. Adipala berada di garis pantai Selatan. “Main pasir fisik harus prima. Tidak bisa kedodoran,” kata Chikal Faisal, grasstracker grade junior yang membela tim Chikalisious Kekar BS Guvilli 645 yang juara di Bebek Modifikasi 4-Tak di event yang berlangsung 27 -28 April tersebut.

Menjalankan motor di trek pasir tidak semudah saat menontonnya. Di pasir harus dipaksa seimbang terus. Apalagi sirkuit Adipala banyak memiliki tikungan mati. Itu justru tantangan keseimbangan. Maklum, walau pun nggak direm motor seperti ditahan dari bumi.  Kan rodanya tertanam di pasir, setang pun jadi berat. Jika belok tak diatur, setang setir rawan ‘mengunci’. Untuk menghidari itu badan terus bergerak dan tenaga motor selalu ada. Jika fisik tak siap, ya kalah.

Akbar Taufan yang sudah pengalaman dari trek keras ke pasir menuturkan pegalamannya bertanding di Adipala ini. Katanya dalam keadaan kencang dan pelan, sirkuit pasir sama-sama menguras fisik. “Saat kencang motor tidak pernah diam, saat pelan pun sama. Keadaan seperti itu butuh fisik. Makanya yang dipilih adalah lari motor yang konstan. Jika sudah dapat kecepatan ideal, dipertahankan begitu sampai masuk tikungan,” jelas Akbar Taufan yang membela Cargloss Alirs 86 Tech yang hanya puas ke-2 di  sport dan trail yang juga kejurnas, di kelas lain doski gagal karena kurang sehat.

Untungnya sirkut Adipala sudah diperhitungkan, beberapa berm didesain tinggi. Berm ini dibangun dari tanah liat yang didatangkan dari luar Adipala. Treknya pun tidak seseyem grasstrack yang dipakai kejurnas umumnya. Tantangannya hanya keseimbang mempertahankan laju motor saat tegak dan saat miring.

Karena minim handicap, peserta memujinya.  Katanya, tipikal trek inilah awal mula grasstrak muncul. Sesuai namanya, grasstrack melombakan motor harian yang dibalapkan di lintasan rumput (grass) atau penjabarannya di hamparan lahan datar, kalaupun ada handicap ya tidak sesulit motocross. “Ini mengingatkan saya pada grasstrack zaman dulu. Tantangannya cuma pasir. Sangat cocok untuk pembibitan pemula,” cocor Edy Riyanto, pemilik tim The Monster RGD (TMR) yang gemar mengorbitkan pembalap pemula.

Di seri ketiga ini, Edy membawa Arif Maulana turun di Standar Kejurnas dan Modifikasi Pemula, “Hasilnya memang belum bagus, karena baru seri ini Arif bergabung, Juga, baru kali ini balap di lintasan pasir. Pasir kan butuh keahlian tersendiri. Bahkan beberapa senior berguguran di trek ini, padahal hadicapnya jarang,” tamabah Edy yang di Semarang terkenal sebagai pengusaha properti.

Jurus menaklukan pasir, Chikal sedikit berbagi ilmunya. “Traksi pada roda harus selalu ada, walaupun ini sirkuit stop and go, saya berusaha membuat motor terus melaju. Jika sampai berhenti sama sekali, roda akan tertancap yang berakibat sulit  untuk melaju lagi dan fisik makin dikuras. Gasnya juga halus,” kata pembalap junior yang di Cilacap kemarin merepotkan para seniornya di Bebek Modifikasi 4 Langkah Senior. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Kejurnas Grasstrack Cilacap, 28 April 2013

Kejurnas Grasstrack 2013 Tulungagung, Milik Kaki-Kaki Special Engine!

Grasstrack 2013 Dilirik Sponsor..?


BAGIKAN