nhk

Kejurnas Grasstrack Ciamis, Di Lapangan Kuda Benaran

ManiakMotor – Arena pacuan kuda di Desa Legok Jawa, Kabupaten Ciamis, Jabar hanya 50 meter dari garis pantai. Tidak usah ditulis langsung bisa ditebak, treknya berpasir. Pada 2-3 Juni 2012 lalu, tidak ada ringkikan kuda di situ, tapi gasingan kenalpot dari  kuda besi garuk tanah. Arena ini dipakai untuk Seri 3 Kejurnas Grasstrack Region 2 atau Jawa.

Teknik bermain pasir ada tulisannya sendiri. Tulisan yang ini hanya menggambarkan situasi event dan sirkuitnya. Pasalnya, jaringan internet di Prancis alias prapatan Ciamis itu, nggak nyambung-nyambung. Jadi beritanya baru keluar sekarang. Kemarin dan kemarinnya lagi atau Sabtu dan Minggu, reporter ditunggu melaporkan, jawabannya, modem yang dibawanya tidak ada sinyal. Iya. Jaka Sembung bawa golok.  

“Sejak bulan lalu event dan sirkuitnya mulai digodok. Daerah ini, baru sekarang dapat jatah event besar,” cerita Dadan HP Suryadinata atau Keebot. Dia sebagai penuntun panitia di sana. Keebot mengerti soal aturan dan bikin acara garuk tanah. Selain mantan pemain, dia juga berkecimpung di PP IMI khusus offroad roda dua. Hasilnya, pemandangan event memang layaknya kejurnas. Admidnitrasi pendaftaran teratur dan penataan lomba rapi jali. Tidak tahu, panitia laris manis tanjung kimpul, gak?  

Event diikuti 200 starter di 16 kelas itu, juga berkutat mendesain sirkuit pasir yang layak dan tidak mengecewakan peserta. Sirkuitnya clockwise atau searah jarum jam. Panjangnya 1.437 meter. Gile aje, diukur pakai kira-kira, ya? “Benaran, diukur pakai meteran dan dapatnya segitu,”  kata Ai Rosidin, desainer sirkuit yang dihiasi 12 tikungan yang lengkap dengan  camel, superbowl, single jump, table top dan double jump. Mantap kan…

Menurut Mang Ai, persoalan paling utama mendirikan dinding berm, jumping dan rintangan lainnya. Itu bukan pekerjaan mudah yang bahan dasarnya pasir. Jika tidak teliti, begitu dilewati motor akan kembali tergali dalam. Maka, sebagian harus dicampur tanah. Adit

BERITA TERKAIT:
Kejurnas Grasstrack Ciamis, Teknik Garuk Pasir
Hasil Grasstrack Ciamis, 3 Juni 2012
Kejurnas Grasstrack Wonosobo, Trecker Pada Jumping
Grasstrack Banjarnegara, Ngajak Mimpi
Grasstrack Salatiga, Musimnya Telah Tiba
Grasstrack Salatiga, Kuda Lari vs Kuda Besi
Hadiah Mio J Di Grasstrack Cianjur
F.Chimon dan Cep Sena, Jaya di Pandeglang
Nikmat Enduro Trail GT Radial
GT Radial Enduro Harvest City
1.000 Peserta Ikut Adventure Sumedang
Enduro Bandung, Aliran Baru Garuk Tanah
Klub Penunggu Tangkuban Perahu


 


 

BAGIKAN