nhk

Kejurnas IRC Motocross Ciamis, Sirkuit Yang Mengalir


ManiakMotor – Sirkuit Gapura Rahayu Ning di Ciamis, Jawa Barat adalah sirkuit permanen. Ini sirkuit saban hari dipakai, makanya terawat dengan mulus. Sirkuit ini yang digunakan dalam seri 5 Kejurnas IRC Motocross yang berlangsung 15 – 16 September 2012.

Sejak dibagun tiga tahun lalu memang didesain untuk rpm yang mengalir. Keseimbangan antara berm dan menikung lewat jalur dalam, hasilnya sama cepat. Model tikungannya parabolik yang membuat special engine terus meluncur. 

“Yang menentukan teknik crossernya. Kalau dia ahli soal berm, silakan lewat dinding berm. Bila piawai menikung dari dalam, silakan lewat dalam. Yang jelas hasil kecepatannya sama bila diukur sesama ahli,” papar Roni Karno, pemilik sirkuit yang juga crosser zaman dulu yang sekarang ikutan MX2 ExPro.

Soal panjang sirkuit Ciamis,  memang kalau dari regulasi motocross sebenarnya masih kurang. Lha wong cuma  1.000 meter. Padahal minimum aturan motocross di Indonesia harus 1,3 km. Tetapi,  “Karena desainnya mengalir, butuh rpm tinggi terus seperti yang dituntut motocrtoss. Jadi soal panjang tidak masalah,” sebut Agi Agassi yang telah berulang kali datang bermain di sirkuit ini. Agi penggeber Honda CRF250R milik Dumasari Bonaharto.

Konturnya pun seperti di alam bebas ala motocross. Tipikalnya naik turun yang berada di lembah. Ya, mirip motocross di Eropa dan Amerika.  “Kelemahan satu-satunya soal trek lurus yang kurang jauh. Di motocross soal speed ini yang dibutuhkan,” timpal Aldi Lazaroni yang membela gandasari MX yang di seri 4 Tegal lalu sebagai juara untuk kategori nasional.

Oke deh selamat bertanding,sebab sudah tak mungkin dibikin trek lurus lebih panjang lagi, sudah lomba. Sekadar catatan saat ini sedang berlangsung QTT, bagi yang mau melihat hasil semua kelas silakan ke RESULTS. Adib      

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi IRC Motocross, Ciamis, 14 – 15 September 2012

Jelang Kejurnas IRC Motocross Ciamis, Garuk Terus..!

Kejurnas IRC Motocross Tegal, Kabar-Kabari…!

IRC Motocross Tegal, QTT Teknik Garuk Tanah Gembur

10 Crosser Patah Tulang Di IRC Motocross

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353