nhk

Kejurnas Motocross 2015 Cibinong, Bogor: Agi Agasi Masih Terkuat Di MX2 Nasional

ManiakMotor – Kaki dan lengan Agi Agasi masih yang terkuat di garuk tanah special engine Indonesia.  Kembang-kempisnya paru-paru Agi untuk mengantur nafas juga sehat. Pokoknya yang disebut dibutuhkan di arena  motocross, tentu juga skill dan nyali. Untuk kelas Indonesia Agi masih okelah untuk MX2 Class Grade A alias kelas SE 250 cc 4-Tak.

Bekas didikan Jhony Pranata sejak SE65 itu di seri pertama Kejurnas Motocoss di GOR Cibinong, Jabar pada 29 Maret hanya kalah dari Luwis Stewart. Stewart teman satu tim Agi di Husqvarna Indonesia, selain Andre Sondakh. “Sebenarnya sirkuit di GOR ini saya kuasai. Dari cara mengambil triple jump  tahu trik yang paling mudah mengayun motor, termasu  berm  yang tanpa menurunkan kecepatan. Tapi begitulah, Stewart kelasnya beda,” kata Agi yang  penggagas kejurnas seri pertama tersebut.

Maksudnya atas prakarsa Agi-lah  kejurnas bisa berlangsung di GOR Cibinong. Kebetulan seri pertama milik pengda IMI Jabar. Kan Agi berdomisili di Bogor, Jabar. Juga sirkuit ini saban hari digunakan Agi untuk latihan. Pula digunakan untuk mendidik anak muridnya yang berjumlah 10 crosser dari semua kelas pembibitan SE. Dari pembiayaan pun dia keluar modal sendiri. Sementara sponsor saat ini untuk kejurnas motocross sangat sulit didapat.

Agi di moto1 mendapat perlawanan dari ‘musuh’ abadi sejak mereka bermain di SE85, yakni Andre Sondakh anak muda dari Manokad, eh Manado. Sondakh ini juga satu tim dengan Agi di Husqvarna. “Saya harus menempa fisik lagi, sering salah yang seharusnya tidak salah, berarti itu kan fisik. Juga masih sering kalah di endurance dari Agi,” jelas Andre yang di moto2 malah kedodoran dan digantikan Farhan Hendro posisi kedua untuk kejurnas.

Semnetara itu, Suzuki Indonesia mengresmikan tim sendiri di arena motocross. Nama timnya Suzuki Evalube IRC. Di MX2 tim ini dibela Aldi Lazaroni, crosser dari Jogja sang adik dari juara 7 kali nasional motocross Irwan Ardiansyah. Aldi menggunakan Suzuki RM-Z250 yang saat ini sebenarnya sedang naik daun di arena AMA Supercross lewat Ken Roczen.

Suzuki ingin membangkitkan era Tommy Ernawan, Pungky WS, Jhony Pranata, Roni Karno dan terakhir Denny Orlando yang lama membawa nama Suzuki Indonesia. Tapi kali ini mereka ikut menyuplai kelas pembibitan lewat special engine 85 cc. Yang terpilih adalah Rafi Ade yang mantan lawannya Bone Miolo di SE50, hehe. Rafi berasal dari Tulungagung, Jatim.

Begitu kabarnya. Amam, Dun  

BAGIKAN