nhk

Kejurnas Motocross 2016 (Kejurnas) Seri 2 Magelang: Rookie Dari Papua Di MX2

 

ManiakMotor – Yosua Pattipi (Kawasaki Junior  Emana AHRS Dunlop) rookies peneror senior di MX 2 (Kejurnas). Sebagai penantang baru di kelas para ‘raja’ talenta crosser asal Papau itu langsung diperhitungkan. Begitu fakta di seri ke-2 Kejurnas Motocross yang berlangsung di sirkuit Sempu, Secang, Magelang, Jateng (1/5).

Utamanya di moto 1, Yosua tampil mendominasi di tengah kepungan senior sekelas Andree Sondakh, Farhan Hendro,  Ivan Harry dan Agi Agassi. Yosua sama tangkas bermain di berm, tikungan dalam dan lompatan. “Sebagai pendatang baru di MX2 senior saya harus kerja keras dalam fisik dan teknik. Mental terutama,” komentar Yosua.

Yosua memang harus menyerah dari Andre Sondakh. Crosser asal Manado dengan bendera DRF Pertamax Racing Dunlop NSO Husqvarna, moto 1 kedua. Tapi moto 2 dia ke-1, gantian Yoshua kedua. Dengan total point sama, maka Andree-lah yang dinobatkan naik podium pertama.

“Ini motor 2016. Belum optimal settingan suspense dan rasio. Moto 1 lebih main aman, apalagi sirkuitnya  nggak bisa main paksa,” kilah Andree Sondakh juara nasional MX2 tahun lalu pada SE Husqvarnanya.

Irwan Adriansyah, maestro motocross Indonesia yang juga mentor Yosua, hanya mengingatkan lomba masih panjang. Fisik harus dirawat untuk ke depan. “Apalagi sirkuit Sempu memang menuntut kemampuan stamina. Terlebih dengan layout naik-turun, kondisi trek yang menguras stamina,” wanti  Irwan pada andak didiknya untuk mengolah stamina lagi.

Fisik bagi talenta-talenta muda, mutlak yang memilih jalur balap professional. “Masih lebih untung, karena saat ini latihan fisik mereka terarah. Pastinya dengan program, metode, evaluasi yang telah disusun dan terukur, ”timpal  Gandung Darmoko, salah satu pelatih fisik ternama. Soal keunggulan fisik  talenta muda itu pula yang bakal jadi ancaman bagi senior. Ardel

BACA JUGA

Hasil Kejurnas MotoCross Seri2 Magelang, Jateng 1 Mei 2016

Motocross 2016 Magelang (Kejurnas) Seri 2: MX2, Ancaman Rookies Vs Senior!

Motocross 2016: Seri 1 Kejurnas Di Pati (Jateng) Gagal, Sirkuit Tak Penuhi Syarat

Pangkal Pinang Dapat Jatah MX GP 2017-2019: Kejuaraan Dunia Motocross

BAGIKAN