nhk

Kejurnas Motocross Deltamas 2016: Trek Basah, Fisik Andre Sondakh Teruji

Andre Sondakh Motocross 2016

 

ManiakMotor – Moto 1 dan moto 2 atau race 1 dan 2 kejurnas motocross di kelas puncak MX2 (250 cc) nasioanal treknya licin. Lintasannya disiram hujan dalam dua hari. Pekerjaan berat buat para crosser menghandling special engine-nya. Tenaga harus terukur jepitan kaki pada bodi motor pun harus kuat.

Andre Sondakh juara nasional motocross 2016
Andre Sondakh. Fisik dan kebiasaan main becek

Macam itu yang terjadi di kejurnas motocross ronde 11 di sirkuit Deltamas, Cikarang, Jabar pada 1 – 2 Oktober 2016. Juaranya pada dua moto itu crosser kenamaan Andre Sondakh. Sekaligus membuktikan fisik Sondakh terpelihara bagus. “Bermain becek sebenarnya kucinya pada fisik dan kebiasaan. Fisik akan terkuras dua kali lipat dari kondisi normal. Motor sulit lurus dari pengarus jejak ban depan dan akselerasi roda belakang. Pokoknya badan pembalap yang banyak mengimbanginya,” kata Sondakh yang membela Jagung Pertamax ORCA Husqyvarna.

Trus yang disebut kebiasaan, menurut Sondakh dia banyak latihan kala hujan turun. Dia bukannya menghidar latihan kalau sirkuitnya becek. Kan ada banyak crosser yang sayang-sayang baju balap dan motornya saat tempat latihannya disiram hujan. Sondakh justru ambil motor dan coba latihan terus dalam kondisi basah. Akhirnya terbiasa menerabas becek seperti terlihat saat dia bertarung dengan SE Husqyvarna di Deltamas.

Sondakh yang asli Manado, Sulut itu pun juara di dua moto dengan enteng. Dia jauh di depan dari lawan-lawannya yang kelihatannya kesulitan menjalankan motor di arena berlumpur. Setingan Husqyarna Sondakh juga dibikin lebih basah. Maksudnya, agar daya tahan motor di arena becek juga terjamin. Spin di tempat boleh dikurangi dengan ban soft sekaligus tekanan bannya dikurangi, ban depan-belakang motor Sondakh tekanannya hanya 12 psi.

Sondakh dikawal Farhan Hendro yang membela AHRS Kawasaki Greentech. Farhan tertolong oleh fisiknya yang bongsor. Kan semakin bongsor motor akan lebih enak menapak di trek basah. “Saya juga nggak nafsu memberi tenaga pada roda belakang. Rpmnya saya bikin halus,” kata Farhan yang kedua di dua race tersedia. Panjul

BACA JUGA

Hasil Kejurnas MotoCross Kota Deltamas, Cikarang, Jabar 1 – 2 Oktober 2016

BAGIKAN