nhk

Kelas Khusus Teknik Sepeda Motor Yamaha di SMK Surabaya, Jambi, Pontianak dan Lampung

ManiakMotor –Yamaha resmikan kelas khusus Yamaha (KKY) di berbagai SMK periode Oktober dan November 2014. Siswa-siswi di ilayah Jambi, Surabaya, Pontianak dan Lampung akan berhadapan langsung dengan motor Yamaha saat belajar praktek.

Bentuk dukungan terhadap program KKY itu Yamaha memberikan unit motor, mesin, dan peralatan praktik. Juga membuat bengkel di ruang praktik SMK dan teori. Lulusannya akan dapat sertifikat Bronze setara dengan teknisi tingkat menengah. Soal urusan servis sampai turun mesin mereka sudah paham. Artinya lulusannya siap kerja di bengkel-bengkel.

Peresmian tersebut atas kerjasama Yamaha dengan 532 SMK di Indonesia. Peresmian KKY di Jambi  dilaksanakan di SMK Batanghari. SMK tersebut  yang pertama dengan status SMK KKY di sana, sebelumnya SMK ini bersaing dengan 32 SM untuk dapat program KKY. “Lulusannya siap kerja. Ini  bisa mengurangi jumlah pengangguran,” ujar Kepala Sekolah SMK Batanghari, Mustakim,S.T.

Untuk Surabaya, Jatim di SMKN 2 dengan total donasi 34 mesin dan 30 unit speda motor yang teknologinya ter-update (fuel injection). Donasi itu diserahkan  langsung Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Teddy Cahyadi Jacob.  Hadir juga Walikota Surabaya Ibu Tri Risma Harini yang meminta lulusan SMK memiliki kemampuan, ketrampilan dan kesiapan dalam bekerja agar berdaya saing.

Begitu pula di Pontianak yang dihadiri empat sekolah binaan Yamaha. Yaitu SMK Putra Khatulistiwa, SMK N1 Sengah Temila, SMK N1 Sandai, dan SMK N1 Kendawang. Di Metro Lampung yang diwakili oleh SMK KP Gajah Mada yang merupakan SMK KKY ketiga. Pelopor SMK KKY pertama di Sumatera adalah SMK 2 Mei Bandar Lampung dan kedua adalah SMK Yapema. MM

BAGIKAN