nhk

Kelas Standar Showroom Di Balap Motor PON XVIII

 

 

 

ManiakMotor – Motor yang dilombakan di PON XVIII adalalah Yamaha Jupiter Z dan MX, full standar. Bukan mirip lagi, tapi inilah wujud  kelas standar showroom. Maksudnya motor dari dealer langsung dibalapkan.

Itu yang disebut standar showroom bro. Jadi kalau belum tahu silakan baca terus manikamotor.com supaya jadi maniak  soal balap motor.

Menurut Hamzah, mekanik kawakan dari Yamaha Motor, pacuan hanya diganti pijakan kaki, sokbreker, dan kenalpot. Itu saja? “Gir boleh seting dan otomatis spuyer boleh ganti disesuaikan dengan beban gir. Selebihnya zero,” kata Hamzah yang pernah mendampingi Doni Tata bermain di GP250 dunia.

Zero maksudnya nol alias tidak boleh diapa-apakan pada motor yang diurus Yamaha Yonk Jaya dari Bandung itu. Pergantian yang disebut Hamzah memang wajib demi safety. Itu hanya menyangkut ergonomik membalap.

Kan tidak mungkin pakai pijakan kaki standar, bisa-bisa pembalapnya dilempar ke udara hanya gara-gara pijakan kaki menggesek trek. Juga hukum mengganti gir harus diiringi penyesuaian spuyer pada karburator. Bila tidak, ya, mesin motornya yang jebol bro.

Soal ban barusan ditegaskan Wakil Ketua Umum PP IMI, Sadikin Aksa. Bahwa, “Peraturan seperti yang sudah disepakati bersama tanpa single tyre. Peraturan itu yang akan dipakai. Sampai sekarang tidak ada perubahan,” tegas Sadikin dari balik telepon gemgamnya. Maksudnya, setiap kontingen bebas pilih ban.

Dengan dua tipe dan kapasitas ada empat medali emas yang diperebutkan dalam cabang balap motor di PON kali ini. Dua medali di 110 cc  (Jupiter Z) dan dua medali lagi Jupiter  MX (135 cc). Akumulasinya satu medali untuk perorangan dan satu medali untuk beregu setiap kelas. Adib

BERITA TERKAIT:

Sadikin Aksa; “Tidak Ada Single Tyre Di PON XVIII..!!!!!!”

Jagoan Balap Motor PON Masih Ikut ARRC Di Jepang

Skema Sirkuit Balap Motor PON Di Riau

Doni Tata Gantikan Topan Di Seri 4 ARRC


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353