nhk

Kem Racing Harian Yamaha Mio, Durasinya Bermain 230-250 Derajat

ManiakMotor –  Nokenas atau camshaft yang kinerjanya lebih bagus dari standar juga banyak dijual. Kem seperti ini derajatnya didesain memang untuk keperluan harian.  Tinggal beli dan pasang, itu motor bisa lebih ngacir. Maklum, dengan kem ini klep in dan out akan terangkat lebih lama dan menutupnya lebih cepat dari standar. Bahan bakar akan deras ke ruang bakar.

Kali ini coba dibatasi untuk kem Yamaha Mio, nanti menyusul yang lain. Dengan modal kem harian racing ini, Mio akan naik performanya, “Setiap menambah tenaga motor, ya, efeknya pada bahan bakar lebih boros. Tetapi akselerasi yang dimau akan mudah didapat,jelas Cepi Sugiarto, mekanik senior dari Cargloss AHRS Racing.

Durasi kem untuk harian memang lift klepnya lebih tinggi, tetapi bukaan tidak gila-gilaan seperti  kem balap. Untuk harian  Mio durasinya tidak boleh lebih dari 250o untuk masuk dan buangnya.  Bila durasi diatas angka tersebut, inlet dan outlet standar berikut suku cadang Mio tidak akan mampu. Maka angka  itu adalah yang paling ideal untuk harian.

Sebagai perbandingan durasi in strandar Mio adalah 222o dan ex nya 219o. Dalam bahasa sehari-hari angkanya diambil di tengahnya atau disebut  220oBila hanya pakai 230o sampai 250o masih wajar. Ini akan lebih mantap dikawinkan dengan kenalpot racing harian yang diiringi setting karburator. Wuzzz…

Nah, pemilik Yamaha Mio yang ingin mengganti kem racing harian after market bisa memilih derajat kem yang disebut di atas.  Produk sudah banyak tersedia  dari durasi 2300 sampai 250o. Maksudnya mau beli durasi 235 o juga dilayani, kisarannhya Rp 250 ribu,  “Itu plug n play alias tinggal pasang pada mesin standar, tidak perlu ubahan lain-lain,” pungkas Cepi.

Tentu juga minta bantuan mekanik yang mengerti bongkar pasang mesin 4-tak untuk memasangnya. Kecuali brosist memang biasa bongkar pasang mesin sendiri. Tapi biasanya sih hanya bisa bongkar tidak mau pasang. Hehe, becanda. ManiakMotor

TIPS LAINNYA:

Setting Karburator Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)

Jupiter-Z Pakai Per Kopling Satria FU, Wuuuuzzz…!

Tips Bore-Up Honda Beat, Murah Dan Aman, Pakai Piston Kaze

Bore-Up Mio Mudah, Murah, Dan Aman. Pakai Piston Smash..!

Dongkrak Performa Mio Dengan Bore-Up

 

 

BAGIKAN