nhk

Kem Satria FU150, Standar Harian Bisa Pakai 240 Derajat

 

ManiakMotor – Di pasaran tidak tersedia banyak pilihan durasi kem after market untuk mendongkrak performa harian Suzuki Satria FU 150 standar. Rata-rata durasi kemnya dibuat untuk akomodir kebutuhan mesin spek tinggi. Misalnya mesin yang telah dinaikan kapasitasnya lewat bore-up dan stroke-up atau kombinasi dari keduanya. Tak heran jika durasi kem dari berbagai merek ini dipatok di atas 260o. Ini sih buat balap brosist…

Bicara durasi saja sudah bikin bulu kuduk berdiri. Masak iya, mesin standar sanggup melayani bukaan klep masuk dan buang selama itu, “Makanya banyak yang mengubah kem asli FU. Kem standar kan banyak  dijual, nah yang ini diubah durasinya sesuai keperluan harian,” ungkap Iki yang bekerja di AHRS sebagai operator mesin pembuat kem.

Iki memang tidak tahu persis durasi standar bawaan pabrik. Dia hanya mmperkirakan di atas 220o, “Itu sesuai perubahan pesanan kem standar yang saya bikin. Rata-rata untuk harian FU diubah kem masuknya jadi  240o dan buang 241o,” tambah Iki yang bukan iki piro.

Katanya sengaja in lebih cepat menutupnya dan buang agak lama membuka 1o, karena kebutuhannya untuk akselerasi harian. Sisa pembakaran lebih mudah dibuang dan lebih cepat diganti bahan bakar yang baru. Sebaliknya, bila in  lebih lama, jutru rpm yang dikejar, kurang enak untuk di dalam kota.

Perinciannya adalah, untuk in dibuat membuka pada 20o sebelum TMA dan menutup 40 derajat setelah TMB, bila menganut rumus sederhana 20 + 40 + 180 = 240 . Sedang  klep buang membuka 41 derajat sebelum Titik Mati Bawah (TMB), dan menutup di angka 20 derajat  setelah Titik Mati Atas (TMA).  

Seperti itu kem FU yang sering masuk ke mesin pencetak kem miik AHRS.  Maksudnya, siapa saja yang mau niru tinggal ikuti petunjuk tersebut.  Bikin sendiri biaya akan lebih murah dibanding harus mengganti produk kompetisi yang selain durasinya panjang, harganya panjang, di atas Rp 1,5 juta. “Pengerjaannya harus yang ahli yang biasa bikin  kem, apalagi FU ada dua kem dan harus presisi dua-duanya,” pungkas Iki.

Iya ya, kalau dua kem beda derajatnya, takutnya larinya FU seperti penyakit ayan. adit

TIPS LAINNYA:

Ganti Pegas CVT Matik, Beban Berat Dan Akselerasi

Dongkrak Performa Harian Yamaha RX-King

Karburator Sudco, PE, PWK, TM Dan PJ. Apa Bedanya..?

Kem Racing Harian Yamaha Mio, Durasinya Bermain 230-250 Derajat

Setting Karburator Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)

BAGIKAN