nhk

Keren! Modifikasi Karya Anak Tetangga, Ayo Tebak Merek Motornya!

Honda C90, EDEN, Daryl, Filipina

ManiakMotor – Kalo disuruh tebak, apa aslinya (dasar) motor ini, pasti ngak kejawab, deh. Mereknya Jepang dan pernah meramaikan pasar Indonesia pada era 1960-an. Trus, pemodifikasinya bukan Indonesia pula, melainkan ‘anak tetangga’ dari Filipina bernama Daryl ‘Dazza’ Vellanueva bersama rumah modifikasinya Bandit 9. Wuih, seyem juga!

Dalam profil pribadi, Daryl tidak menetap di Filipina. Hidupnya merantau dari satu Negara ke Negara lain. Pernah di Australia, Amerika, Eropa, dan sekarang menetap di

Honda, Darryl, Filipina, Bandi9, Jepang
Honda C90 dengan lampu mobil dicomot dari Wrangler. Yang tersisa hanya sasis tengah

Jepang. Tidak sedikit karyanya yang futuristic, tapi kebanyakan memakai motor-motor Eropa. Merombak produk Jepang sangat terhitung dengan jari.

Termasuk dengan yang satu ini, Honda Super Sport 1967 yang di Indonesia dikenal dengan Honda C90. Ia menamakan hasil modifnya itu “EDEN” yang merupakan ekspresi tertinggi tanpa batas dan tidak mengutamakan keanaman, tapi keindahan. Dan terpenting, masih bisa dinaikan dan diajak di jalan raya dan perkotaan.

Honda, C90, Daryl, Filipina, Bandit, jepang
Karya yang rapih dengan estetika tinggi. Masih bisa diajak jalan

Daryl melahirkan EDEN diawali dengan desain dan dibangun mulai dari bagian bawah sampai ke atas. Jadi, asli dari Honda C90 ini hanya kerangka bagian tengah yang menggendong mesin. Diperkirakannya, begitulah motor-motor masa depan kelak dengan nilai estetika yang sangat tinggi.

Coba perhatikan bagian lengan ayun (swingarm). Aslinya berupa pelat kotak diganti stainless steel bulat menyerupai pistol. Lebih panjang dari asli tapi dirancang melengkung. Hanya, tidak dijelaskan ketebalan pipa. Trus, dudukan sokbreker yang aslinya bertumpu di atas lengan ayun, dipindahkan ke atas mendekati kerangka belakang menyerupai monosok. Padahal, tetap dua hanya berdampingan.

Pada EDEN ini, Daryl banyak memakai bahan stainless steel yang justru dihindari pemodif. Karena bahan tersebut mengerjakannya sulit, sementara bagi Daryl  itu jadi tantangan dan seni. Contohnya, tangki bensin dibuat menyatu dengan jok yang bagian ujungnya dibuat lancip dan kini serta kanannya dikasih lampu. Lalu, pada tangki dibikin lekukan agar posisi dengkul bisa menempel.

Menarik lagi, perhatikan lampu utama. Daryl mencomotnya dari mobil Jeep Wrangler

Honda, C90, Daryl, bandit9, Jepang, Filipina
Tutup tangki dari marmer. Mewah, coy!

yang menggunakan besel tangan dibentuk dan dihaluskan mengikuti kontur bodi. Keunikan lainnya, lirik tutup tangki. Bagian tasnya ada marmer sehingga terkesan mewah.

Urusan mesin tidak diceritakan. Cuma, kabel-kabel disembunyikan sehingga yang dipamerkan otot-otot. Knalpot dibuat meninggi. Kata Daryl, ia terinspirasi dari patung Brancusi yang dibuat dengasn baja ringan berbentuk asimetris.

Rapi dan punya nilai seni tinggi. Salud. Maliq

BAGIKAN