nhk

Keren..! Yamaha R1 dimodif Cafe Racer Masa Depan, Futuristik dan Unik

YAMAHA R1, CAFE RACER, LAZARETH

ManiakMotor – Masih ingat modifikasi motor dikasih mesin mobil Maserati V8 dengan roda depan dan belakangnya ganda. Itu lo, karya Ludovic Lazareth dari Perancis. Nah, nama belakangnya dipakai pada karyanya. Kali ini, ia menyulap Yamaha YZF-R1 jadi cafe race yang diklaim masa kini, tapi sangat futuristik.

Suspensi depan diubah total. Ada sokbreker disamping

Yamaha R1 yang jadi ‘korban’ adalah produksi 1999. Ludovic melibatkan insinyur khusus suspensi. Sebagai langkah pertama, seluruh sasis direvisi sepenuhnya. Tidak tampak haasilnya lantaran tertutup oleh kerangka model deltabox dan bagian bawah dikasih fairing.

Cukup unik dan dibilang cafe racer masa kini tercermin dari model suspensi depan.

Setang lurus ada drag bar. Tangki dilapisi serat karbon dan spidometer dari Acewell

Garpu bawaan pabrik dibuang dan gantinya custom-made TFX Suspension. Jadi, dari segitiga atas hanya dibikin satu shock (sangat pendek) sampai bagian atas roda roda depan. Roda depan sendiri dipegang oleh lengan ayun ganda, yang satu dari ujung suspensi atas dan satunya lagi menyamping dari depan sampai ke mesin.

Tentu, dengan shock tunggal yang pendek, ayunan depan dan kestabilan tidak maksimal. Ludovic menambah satu sok pendek yang posisinya di atas lengan ayun samping dan dikasih peredam. Sedang sokbreker belakang tetap tunggal, hanya modelnya menggantung (sejajar jok), tapi dilengkapi sistem linkage untuk memegang ke roda 17 inci dari Triumph Daytona 955.

Lampu belakang LED di ujung knalpot. Kalo menyala, knalpot seperti terbakar

Ini beda dengan cafe race umumnya, Ludovic sengaja memberi ekor kecil di ujung jok dari serat karbon. Posisi berada di atas knalpot sangat eye-catching. Menariknya, diujung knalpot dikasih kaleng yang ditanamkan LED yang berfungsi sebagai lampu belakang.

Pemakaian serat karbon bukan cuma pada ekor. Tangki aluminium dilapisi serat karbon, termasuk fairing bawah. Pada setang dikasih drag bar dan instrumen spidometer dari Acewell dan rem Brembo. Banyak pengamat modifikasi memberi nilai plus alias kombinasi yang unggul.

Lazareth rela karyanya ini lepas dari mereka asal ada yang berani menebus dengan 50.000 uero atau setara Rp.704,8 juta. Mongggo! Maliq

BAGIKAN