nhk

Ketahanan 8 Jam Sepang 2019: Chantra (Thailand) Pasangan Pemain INA, Lawan Morbidelli Di Superpole

Inilah peserta EWC 2019 yang untuk 8 jam saja 40 tim. Satu tim diperkuat 3 atau 2 pembalap

ManiakMotor – Yang maju ke Superpole untuk menentukan grid 1 –  10 adalah 10 besar dari hasil kualifikasi pertama dan kedua.  Yang maju ke superpole pun hanya satu pembalap dari setiap tim yang diperkuat tiga atau dua joki. Begitu peraturan Endurance World Championship (FIM EWC) yang seri 2-nya untuk 2019-2020 berlangsung di sirkuit Sepang, Malaysia dari 12 – 15 Desember 2019.

Kamis malam (12/12) telah berlangsung Superpole tersebut. Dan yang bertarung adalah Franco Morbidelli yang membela Yamaha Sepang Racing dan pembalap Thailand Somkiat Chantra dari Honda Asia-Dream Racing with SHOWA. Chantra ini berpasangan dengan Andi Izdihar dari Indonesia dan satunya lagi dari Malaysia.  Sedang Morbidelli berpasangan dengan Hafizh Syahrin dan Michael Van Den Mark.

Calon juara, Van Den Mark, Morbidelli dan Syahrin

Tentu saja Morbidelli dan Chantra terbaik catatan waktunya dari tim masing-masing. Morbidelli awalnya dikhawatirkan akan sulit melampui catatan kualifikasi Chantra. Selain ditenggarai suhu malam di Sepang kelembabannya tinggi dan hanya pembalap Asia Tenggara  yang terbiasar, juga Morbidelli baru kali ini mengikuti format time cari grid ketahanan 8 jam atau EWC.

“Bayangkan, adrenalin benar-benar dibongkar. Pembalap mengambil time hanya diberi satu lap saat sirkuit kosong. Maksudnya, hanya pembalap yang bersangkutan sedang melakukan superpole yang ada di lintasan. Kalau sudah berhasil tercepat, pasti menyenangkan,” kata Morbidelli yang akhirnya mampu mencetak 2 menit 5.614 dengan Yamaha R1.

Catatan itulah yang menjadi pole untuk EWC 8 jam di Sepang. Pasukan Chantra sendiri jadi kedua dengan ketinggalan 0.793 detik, “Terima kasih Yamaha dan sirkuit Sepang yang memberi kesempatan. Ini pengalaman menarik, jujur saya baru pertama ikut ketahanan,” pungkas Morbidelli yang bertekad membawa timnya juara.

Balapan ketahanan di Sepang ini akan berlangsung Sabtu malam 14/12 sampai Minggu dini hari. MM

Sepang 8 Hours – Top 10 Trial
Pos Rider (Team) Time/Gap
1 Morbidelli (Yamaha Sepang Racing) 2m 5.614s
2 Chantra (Honda Asia-Dream Racing with SHOWA) +0.793s
3 Hook (F.C.C. TSR Honda France) +0.837s
4 Guarnoni (WEBIKE SRC KAWASAKI FRANCE) +1.179s
5 Reiterberger (BMW MOTORRAD WORLD ENDURANCE TEAM) +1.659s
6 Canepa (YART – YAMAHA) +1.784s
7 de Puniet (Team ERC Endurance) +1.872s
8 Kamaruzaman (BMW Sepang Racing) +2.339s
9 Simeon (VRD IGOL PIERRET EXPERIENCES) +2.580s
10 G.Rea (Wójcik Racing Team) No Time

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353