nhk

KMHE 2017 Surabaya: 80 Tim Hemat Energi Didukung FDR

Hemat Energi FDR-1b

 

ManiakMotor – Luar biasa sekali ya, ada 80 tim dari 37 perguruan tinggi untuk adu kreatif untuk hemat energi. Acara di ini disebut Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Ajang bergengsi tahunan ini setia didukung oleh ban FDR tire, ban andalan segala motor. Sudah pasti ban asli SNI yang buatan nasional.

Gong sudah ditabuh untuk berkompetisi ilmu masa depan hemat energi

Tahun ini KMHE digelar di Park Kenjeran, Surabaya, Jatim dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) sebagai penyelenggara. Dan ini tahun ke-6 KMHE digelar yang diadakan 8 – 9 November 2017, ”Dibanding  sebelumnya, antuasias peserta makin meningkat. Tahun lalu tercatat ada 60 tim yang ambil bagian, tahun ini naik jadi 80 tim. Mereka adalah tim yang lolos administrasi dan progress project dari awal yang mendaftar 128 tim,” bilang Fahmi Mubarok sebagai ketua panitia.

Dari 80 tim dibagi menjadi dua kelas yakni urban dan protype. “Masing-masing kelas dibagi lagi menjadi tiga kategori. Ada motor bakar, listrik dan hybrid. Motor bakar 17 tim, listrik 13 tim, dan hybrid 2 tim. Sedang prototype motor bakar 23 tim, listrik 17 tim dan hybrid  ada 20 tim,” rincinya serinci-rincinya.

FDR yang mendukung loh. Ban yang kita kenal untuk motor

Di antara beberapa tim tadi, hadir juga tim Universitas Tadulako, Sulteng dan Universitas Syahkuala,  Aceh. Kabarnya, tim Universitas Syahkuala harus menempuh perjalanan darat selama 7 hari membawa unit mobil urban dan protypenya. Itu bukan uji nyali, tapi otak, hehe.

“KMHE bukan sekedar kompetisi, tapi juga ajang silaturahmi antar civitas akedemi khususnya teknik. Event ini perlu terus didukung untuk memancing teknologi masa depan yang ramah lingkungan,” kata Didin Wahidin, Dirjen Dikte dalam kata sambutannya di upacara pembukaan.

Yang jadi pertanyaan, mampukah rekor tahun bisa dipecahkan? Rekor itu dipegang Sadewa Hore UI (Universitas Indonesia) yang mampu mencetak 401 Km/liter gasoline urban dan 894 Km/liter prototype gasoline. Harusnya bisa yang didorong FDR terus berkarya dengan kompon mereka yang singkat kontaknya dengan aspal tanpa mengabaikan gripnya. Ardel

 

BAGIKAN