nhk

KMHE 2017 Surabaya: FDR Komit Dukung Inovasi Mobil Hemat Energi!

Hemat Energi FDR-1 2017
Mobil hemat energi yang pakai ban FDR

 

ManiakMotor – Bagi ban FDR wajib menciptakan kendaraan bermotor hemat energi. Tahu sendiri deh, bahan bakar fosil kian dikuras dan akhirnya tipis. Belum lagi polusi yang merusak kesehatan dan sekalian bumi. Peran kompon ban sangat berkaitan dengan hemat-hematan bahan bahan bakar. Ban komponen terakhir yang bersentuhan dengan aspal. Jangankan kendaraan bermotor, lha pesawat yang di udara saja masih butuh ban.

Untuk itu PT Suryaraya Rubberindo Industries (PT SRI) produsen ban FDR telah empat tahun ini bekerjasama dengan akademisi. Persis yang dilakukan komponen lain yang terlibat dalam pengembangan teknologi hemat energi. “Wujudnya mendukung Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017. Mahasiswa boleh berkarya di situ yang hasil ilmunya akan disumbangkan pada industri-industri kendaraan bermotor,” sebut Irwan Setiawan, Marketing departemen head PT SRI di sela acara KMHE yang diadakan pada 7-11 November 2017 di Sirkuit Kenjeran, Surabaya, Jatim.

Irwan. Kerjasama

DI KMHE, FDR menyediakan ban protipe berteknologi hemat energi. Ban FDR digunakan para peserta atau tim-tim di kelas Urban Concept. “Tentu saja kompon-kompon ini melewati galian serius. Kami juga menyediakan fasilitas konsultasi teknis dan service car untuk peserta mempermudah bongkar pasang ban,” tambah Irwan yang berkantor di kawasan Cileungsi, Kb Bogor, Jabar tersebut.

KMHE adalah kejuaraan berskala nasional yang tahun ini diikuti oleh 90 tim. Di tulisan awal disebut 84 tim. Saat detik-detik terakhir, masih ada enam tim yang mendaftar pada panitia. Pesertanya dari berbagai universitas, institut atau politeknik terkemuka di Indonesia.

Kompetisi kendaraan hemat energi serupa juga diadakan di tingkat Asia dan dunia. “Dengan kerjasama pasti ada masukan dari mahasiswa. Intinya meningkatkan performa ban prototipe FDR. Ketika tim-tim ini bersaing di kompetisi tingkat Asia atau bahkan dunia, mereka bisa menggunakan ban protipe FDR yang bisa kompetitif,“ kata Irwan.

FDR juga mengadakan FDR Awards untuk apresiasi tim-tim Urban yang boleh mencatatkan waktu tercepat. Di saat sama juga menkonsumsi bensin paling irit di KMHE 2017 ini. Nah itu ada pada ban FDR berteknologi Eco Smart Tire (EST). EST ban sepeda motor yang memiliki teknologi low rolling resistance. Soal ini nanti ada pada tulisan tersendiri. Ardel

BAGIKAN