nhk

KMI Pasarkan KLX 150 Offroad Adventure, Suspensi Up Side Down?

 

 

ManiakMotor – New Kawasaki KLX150 edisi off-road import dari Thailand aslinya punya suspensi upside down depan. Kelebihannya tentu memiliki tabung yang lebih besar, jumlah oli peredam yang banyak dan travel ayunannya yang panjang. Empuk menahan guncangan di medan offroad. Enak buat menjejak tanah.

Akan tetapi yang didatangkan  oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI)  dari Thailand dan diluncurkan di sirkuit offroad Pagedangan BSD (5/6-2016), suspensinya depan masih biasa. “Cuma sokbreker belakang yang  bisa disetel preload, kompresi dan rebound,” kaya Michael Candra Tanadhi, Deputy Head Sales Departement Marketing and Sales Division PT KMI.

Pokoknya versi Thailand ini sama saja dengan KLX150 Indonesia, hanya bedanya sudah siap offroad. Maksudnya pembeli tak perlu memodifikasinya lagi yang butuh waktu dan dana. Lampu-lampu dan kaca spion saja sudah dicopot. Lengan ayun juga yang lebih kuat dari aluminium.

Sedang teleskopik upside down memang ada, tapi pada tipe KLX 150BF yang menjadi varian tertinggi KLX series. Itu motor beda lagi ceritanya, hehe. Walau begitu, suspensi depan yang tampak sederhana untuk dijual di sini, diklaim mampu meredam getaran jauh lebih baik. Jarak mainnya saja  mencapai 190 mm.

KLX 150 khsusus offroad berbobot 99 kg ini resmi dipasarkan Rp 35,9 juta OTR Jabodetabek. Bobotnya terpaut 6 kg dari standar KLX. Itu didapat dari lengan ayun tadi dan pelek bermaterial aluminium. Termasuk berat knalpot dan tangki bahan bakar juga turut disusut. Bahkan ground clearance lebih rendah dari  seblumnya, yaitu 315mm. Alasan  pengendara lebih maksimal menapakan kakinya dan bermanufer.  

Soal spesifikas mesin 150cc, New KLX150 Offroad ini masih sama dengan yang terdahulu di Indonesia. Bedanya sudah siap garuk tanah dengan ban pacul dan sebagainya. Tapi para penggemar offroad biasanya sih beli standar, lantas diupgrade sendiri, karena kenikmatannya di situ. Kotak-katiknya, bro. MM

BACA JUGA

Benelli TNT 135, Mini Motor Kaum Gentleman

Bersiap Menunggu Honda CBR250R Dua Silinder. Agustus 2016

Yamaha New R1-M Speed Block Kenny Robert Flowers, Di YSR 2016 Sentul Ikut Balap

Harley Davidson Mulai Pede Kembangkan Flat Track

Prototype Ban FDR Buat Tim Sadewa UI Berlomba Di London, 1 Liter Besin 275 Km Pakai Ban FDR

 

BAGIKAN