nhk

Knalpot ABRT20 Untuk RX-King, Dibikin Dari Rumus Dan Keahlian Mekanikal

ABRT 20, jagoan di event road race

ManiakMotor – Ala bisa karena biasa. Dia mekanik, dia pula otak yang merancang. Dari bahan, konstruksi, pengelasan, riset sampai maksim, dipahami betul. Trial and error sudah merupakan pekerjaan harian. Hasil akhirnya pasti jaminan mutu untuk Yamaha RX-King.

Begitulah AB Bendol, mekanik dua arena, yakni drag bike dan road race yang melahirkan pipa pelepas gas buang alias knalpot ABRT 20. Sengaja difokuskan pada RX-King, karena di road race era sekarang lagi bangkit di event road race. Kalau untuk drag bike, ABRT 20 nggak usah ditanyalah.

Kalau harian jadinya begini bro, racing harian

Knalpot ABRT 20 bukan asal ramu. Kekuatannya pada rumus dengan trial and error mekanikal, lantaran ala bisa karena biasa tadi. Maksudnya  riset langsung di balapanan benaran tanpa keluar dari rumus pakem pipa pelepas gas buang.

“Karena kelas RX-King lagi ramai, harus dilayani dengan knalpot bermutu. Ingat, 2T itu 35 persen tenaganya ditentukan knalpot. Pipanya masih bagian dari penglolaan gas buang yang kembali pada ruang bakar,” kata AB Bendol yang motornya dan knalpotnya mulai merajai road race 2T yang bangkit.

Knalpot ABRT RX King
Kalau ini disebut standar racing

Rumus tetap pada lekukan diamer leher, perut dan silincer yang semuanya berakhir kerucut. Tiga ini yang dimainkan ABRT. Tentu pengelasan yang sudah bertahun-tahun dilakoni yang makin rapi. Kata Bendol pengelasan bagian dari mutu. “Apalagi pengelasan bagian dalam, harus sejajar dengan pelat agar tidak mengacaukan turbulensi gas buang pada 2T,” tambah Bendol yang sudah pakar bikin semua tipe dan merek motor knalpot 2T yang kebetulan sekarang lagi fokus pada RX-King.

Saat ini ada empat arena yang ilayani ABRT 20 untuk RX-King. Yakni untuk balapan road race, drag bike, untuk jarak 500 meter alias liaran sampai harian. “Pada dasarnya nggak beda-beda jauh. Tapi bagi yang sudah bermain di arena itu, akan tahu perbedaan empat karakter ini,” pungkas Bendol yang bisa dihubungi di  HP/WA  081574432020 (ABRT20 Salatiga). ManiakMotor

BAGIKAN