nhk

Knalpot R9 Dipakai Motor Gresini Di Balap Dunia 2015 – 2016

 

 

ManiakMotor – Yakinlah teknologi knalpot R9 sanggup memasok pipa pelepas gas buang mesin Moto3. Faktanya Gresini Racing Moto3 mengikat kerjasama dengan R9 tahun depan dan 2016. Sampel dari tim yang lebih ngetop dengan GO&FUN Gresini Moto3 yang pakai mesin KTM itu, saat ini sedang diriset dan dikembangkan di pabrik R9 di Tigaraksa, Tangerang, Banten.

PT Anantha Jaya selaku pemilik R9 punya teknologi pendukung untuk membuat exhaust pipe sekelas  Moto3. Mesin-mesin pencetak pipa pelepas gas buang R9 sudah semi-robot dan sebagian malah robot benaran dalam menekuk (rol), besar-kecil pipa dan pengelasannya. 

Artinya sampel lekukan leher, perut sampai tabung silincer akan bisa dikerjakan yang nantinya performanya tak kalah dengan Akrapovic, misalnya. Rata-rata yang digunakan di balap prototipe pakai bahan titanium pun, R9 sudah memproduksi untuk balap Indonesia.

Mereka punya alatnya untuk melipat-lipat pelat titanium bersama sistem pengelasannya.  “Awalnya memang hanya menempel logo R9 pada motor, baju balap, baju tim dan peralatan Gresini. Belakangan setelah Gresini melakukan kunjungan pabrik, mereka yakin R9 bisa menyuplai knalpot,” jelas Sjafri Ganie, bos PT Anantha dalam rilisnya.

Apa pun kontrak kerjasama antara R9 dan Gresini Moto3 tersebut simbol gemilangnya teknologi produksi aftermarket roda duua di Indonesia. Lebih luas lagi pada pengakuan Indonesia bukan hanya dikenal jago jual motor Jepang, seperti logo Satu Hati dan Semakin Di Depan di MotoGP. Kini industri knalpot Indonesia yang muncul dan tentu hasil kerja SDM kita.

Fausto Gresini si pentolan tim tersebut tentu gembira. Ya iyalah, lha wong dana masuk. Tapi pada intinya, insinyur motor bakar racing timnya akan mendukung pengembangan R9. “Sekaligus akan masuk ke sasaran sebagai media promosi R9 di Indonesia dan dunia. Ini tantangan baru buat R9 masuk ke balap prototipe,” jelas Fausto dengan senyum sumringah.

Tahun ini pembalap Gresini di Moto3 yang namanya Enea Bastianini berada di urutan 9 di klasemen terakhir. Tahun depan Anea masih dengan tim Gresini dan akan bersama Andrea Locatelli. Janjinya mereka akan mengejar papan atas Moto3 setelah pakai knalpot R9. Waw… MM

BACA JUGA

MotoGP 2014: Total 981 Kecelakaan Musim Ini, Terbanyak Pembalap Indonesia, Hehe..!

MotoGP 2014: Rossi (36) Bakal Bahaya, Marquez Beri Perhatian Khusus 2015

MotoGP 2014: Test Pneumatic Di Valencia, Aprilia Kembangkan SSG, Saingi Merek Jepang

MotoGP 2014 Test Pramusim Valencia: Aleix Masih Atur-Atur Ergonomik Suzuki GSX-RR, Tapi Bisa Cepat

BAGIKAN