Ko Leon Chandra Mengubah Kompresi dan Rasio R15 V3, Ini yang Diincar!

Maniakmotor – Mekanik kondang, Leon Chandra kembali hadir mengawal motor milik Alif Adamsyah di Yamaha Sunday Race seri ketiga, 17-18 September 2022 ini.

Adapun pada seri ini, Leon Chandra mengaku telah mendapatkan settingan yang lebih baik dari seri sebelumnya walaupun tengah terus mencoba-coba berbagai settingan.

“Persiapan seri ke-3 ini lebih baik dari sebelumnya, belum banyak berubah sih. Kita hanya mencoba beberapa hal, salah satunya seperti kompresi ditinggikan dan setelan kem diturunkan,” ujar Ko Leon.

“Tapi usai latihan tadi, terbukti kompresinya terlalu tinggi. Ini membuat peak power nya rendah, walaupun torsi memang ketemu, tapi enggak berguna di sirkuit seperti ini,” sambung ko Leon.

Rupanya, untuk mengejar tenaga kuda mesin motor miliknya. Ko Leon menambah angka torsi di angka yang cukup ekstrem.

Yakni pada 1:14 untuk kompresi, yang menambah sendatan piston di titik maksmal.

“Selain itu kami juga mengubah rasio motor menjadi lebih berat di gigi kedua. Ini merupakan ubahan hasil evaluasi dari seri pertama,” katanya.

“Pasalnya di beberapa sektor seperti S kecil atau di tikungan terakhir, kami sering kehilangan tenaga dan tidak terlalu melaju. Dengan memberatkan gigi kedua ini, harapannya power bawah lebih ketemu tanpa menggangu top speed,” ujarnya.

Yang pasti, Leon Candra mengaku suda mendapatkan settingan yang pas untuk Yamaha Sunday Race seri tiga ini, dari berbagai aspek.

Baik kecepatan dan durability, menurutnya sudah mulai ketemu.

“Suhu tetap aman kok kemarin kami coba, selalu ada di angka yang normal,” ujarnya.

“Mungkin dikit aja naik kadang-kadang kalau lagi slip stream. Tapi itu pun 86, jadi motor tetap tidak kehilangan tenaga dan terus memiliki tenaga sampai garis finis,” pungkasnya.

Alif di lain sisi juga mengaku memiliki prospek yang sangat positif untuk seri ketiga ini.

Ia juga sudah terbiasa dengan settingan motor dari ko Leon usai dua seri balap bersama dengannya.

Raider

BACA JUGA