Ko Leon Prepare di Ultraspeed! Akan Pakai Tombol Terbaru Pengubah AFR, Mirip Mapping 1-2-3 MotoGP?

Ko Leon Disuguhkan R Button Aracer di Ultraspeed Racing

Maniakmotor.com – Makin canggih aja nih Aracer. Tahu dong tombol mapping 1-2-3 yang bisa ubah-ubah set up pemetaan bahan bakar, pengapian, dan antek-anteknya di tengah perlombaan MotoGP. Aracer kini punya alat yang mirip seperti itu.

Ko Leon Chandra, pemimpin Racetech juga sudah tahu keberadaan device tersebut. Soalnye emang udah bisa didapatkan di Ultraspeed Racing, distributor resmi utama Aracer di Indonesia.

Tuh kebetulan Ko Leon menyambangi Ultraspeed sekaligus prepare untuk event balap terdekat bro. Kan tahu sendiri 2 pekan mendatang ada Sulawesi Cup Race, yang disusul Oneprix Seri 1 2024.

Mengenai hal itu dibicarakan Freddy Gautama, Bos Ultraspeed. Kalau bro lupa, Ko Freddy dahulu kala juga mantan pemilik tim Kejurnas bro. Kini juga sering viral karena sering garap motor Matic Spek harga moge, hehe.

“Iya biasalah, menjelang musim balap yang mulai ramai begini Ko Leon udah mulai ngambil barang-barang. Pastinya untuk keperluan balap semua, tinggal disebutin deh tuh apa aja,” tutur Freddy.

“Misalnya selang rem SRP, Ecu Aracer Super X, dan berbagai macamnya lah. Kebetulan dia (Leon) juga udah mau cobain tuh ‘R Button’,” lanjut Freddy.

Oh iya, tombol di awal alinea tadi adalah ‘R Button’ bro. Ini yang bisa mengubah karakter Settingan mesin di tengah perlombaan.

“Tapi bukan mapping secara keseluruhan ya. Misalnya Spark Angle atau Ignition Timing, itu gak bisa diubah,” jelas Freddy.

“Nah, yang bisa disetting di sini adalah Target AFR. Sehingga bisa dikira-kora deh tuh, kalau di tengah lomba nanti mau target AFR di angka berapa. Pembalap tinggal pencet aja tombolnya saat dapat perintah,” ujar Freddy.

”Nanti dilakukan uji coba dulu pastinya sama Leon. Kalau mantap, pasti nanti nongol kok di balapan, hehe,” pungkas Freddy.

Pastinya teknologi ini game changer, bro. Bayangin yang tadinya target AFR hanya bisa disetting 1. Kini di tengah perlombaan itu bisa berubah saat mesin mulai panas.

Mungkin kalau untuk nyari best time enggak begitu ngaruh. Tapi kalau ngomong sesi balap dengan durasi panjang, pengaruhnya bisa luar biasa.

RAIDER