nhk

Kohar; Bikin Sendiri Alat Coakan Klep Pada Piston

Alat Coak Piston

 

Maniakmotor Mesin 4-tak yang sudah kena garap korek harian pasti kompresinya naik, saat yang sama dikurangi daging head atau silinder bloknya. Bila pengurangannya 0,5 mm otomatis payung klep mentok pada kepala seker. Sama juga dengan kem versi racing, lift klepnya lebih tinggi dari bawaan pabrik..

Bagi yang sudah mengerti langsung bikin  alur klep pada kepala piston di tukang bubut. Tinggal bayar ahli bubutnya untuk mencoak piston, juga memperdalam alur yang telah ada seperti pada permukaan seher Kaze (gbr-1). Atau beli piston yang manjenun, eh, jenon yang sudah ada coakan klepnya. Mudah…

Padahal untuk keperluan itu, bisa saja bikin sendiri alat untuk mencoak piston. Kegunaannya, sampeyan bisa mencoak sendiri, kan sudah punya alatnya. Ayo tiru yang dilakukan Masrukin dari Kind’s Motor di Jember,  Jawa Timur. Memang alat akal-akalan seperti ini lebih banyak muncul dari daerah. Maklum, perbedaan teknologi, jadi otak yang banyak bekerja, bukan duit.

Masrukin memanfaatkan klep bekas di bengkel yang sudah tidak terpakai. “Tinggal digerinda payungnya dibikin seperti baling-baling membentuk pisau,” jelasnya pada maniakmotor.com. Payung klep tadi digerinda miring memutar  atau membentuk sudut-sudut 45o (gbr2). Sudutnya pakai ilmu kira-kira soalnya waktu membuatnya nggak pake busur derajat, feeling saja ia mencetaknya. Cara menggerindanya seperti model mengasah, agar tajam baling-balingnya untuk menggerus piston.

Diingatkan, diameter payung klep yang dipakai sebagai pisau harus selisih 1 mm dengan diameter klep yang digunakan pada head. Untuk memperbesar tinggal tergantung cara mengikisnya. Misalnya diameter payung klep pada head silinder 26 mm, silakan cari klep bekas  diameternya 25mm untuk jadi pisau cukur.Bila nggak ada, payung lebih besar juga bisa, tinggal diameter payungnya yang diperkecil. Ya, pokoknya selisih 1 mm deh.  

Untuk penggunaannya tinggal dipasang atau dikawinkan dengan mesin bor tangan atau tunner (gbr3). Agar lebih mudah, pasang piston pada silinder blok,  biar nggak repot pegangang piston dan auuuh, tangan lu jack kena cukur. Tinggak digerus bagian kepala piston yang akan dibuatkan alur klep (gbr4). Pelan-pelan saja dulu, lalu ukur kedalamannya sesuai kebutuhan. Tetapi namanya coba-coba atau trial and error pasti akan melakukan kesalahan hingga pistonnya bolong, nanti lama-lama mahir. Sebab tidak ada yang namanya trial and success.  ManiakMotor

BAGIKAN