nhk

Kolaborasi Yamaha-Honda Bikin Motor Listrik 50 cc, Nih Namanya

Yamaha, Honda, TACT, Giorno, Motor Listrik

ManiakMotor –  Dua pabrikan sepedamotor Jepang, Honda dan Yamaha sudah melakukan diskusi mengenai kerja sama ke arah aliansi. Nantinya, Honda akan menyediakan mesin nol emisi alias motor listrik untuk skuter 50 cc kepada Yamaha. Perihal skala waktu, paling lambat sebelum akhir 2018.

Pembicaraan itu menyangkut khusus sepeda motor kecil (Class-1) untuk pasar domestik. Tujuan kolaborasi ini, jelas memangkas biaya produksi dan mencegah alih teknologi di sektor motor listrik, di mana untuk mancanegara sudah ditetapkan motor yang lebih besar.

Honda, Giorno, Yamaha, Motor, listrik
Honda Giorno sebnagai dasar motor listrik untuk Yamaha

Dalam kesepakatan kolaborasi disebutkan, akan menyuplai skuter 50 cc sebagai OEM (original equipment manufacturer) dengan target sebelum akhir 2018. Honda akan memasok skuter 50 cc buat Yamaha sebagai OEM yang dikembangkan dari Honda TACT dan Giano dengan namanya nanti Yamaha YOG dan Vino.

Sementara skuter 50 cc hasil kolaborasi yang hanya dijual di pasar domestik, untuk Honda bernama Benly. Kalo di Indonesia itu model sport zaman baheula. Sedang Yamaha dinamai GEAR. Keduanya sepakat membentuk jaringan layanan purnajual untuk masalah motor listrik. Kosentrasi difokuskan pada pengisian baterai, jarak tempuh, performa, kinerja, dan biaya.

Honda TACT
Honda TACT

“Melalui kerjasama dengan Yamaha, kami akan terus menawarkan motor-motor kategori kelas 1 merupakan produk yang melampaui harapan pelanggan kami. Dengan itu, kita akan mencurahkan semua upaya untuk merevitalisasi pasar sepeda motor di jepang dan mempopulerkan motor listrik sedini mungkin,” terang Shinji Aoyama selaku Operating dan Direktur Honda Motor Co Ltd.

Pada bagian lain, Katsuaki Watanabe selaku Direktur Yamaha Motor Co Ltd.menilai kerja sama ini menghukir budaya sepeda motor masa depan  di Jepang, meski dimulai dengan aliansi OEM. MM

BAGIKAN