nhk

Komponen Impian Harian

MM – Ganti kenalpot, pelek dan jika ada waktu warna bodi, impian motor harian. Ringan tapi segera ubah penampilan. Semua yang dibutuhkan disediakan penjual aksesori. Mau kualitas abal-abal sampai rada-rada mahal. Bukan rada-rada sembari telunjuk ditempel miring di jidat.

Gara-gara geng motor baru lalu, kenalpot racing harian diimbau dilepas. Tetap saja penjual kenalpot kipas-kipas. “Model begitu, bukan hanya suara besar. Masih banyak model yang suaranya lembut (silent), tapi tambah tenaga. Ini juga laku,” sebut Asep Hendro, juragan AHRS yang sepanjang bisnisnya tetap lego kenalpot.

Pelepas gas buang dari zaman ke zaman, tersedia versi alternatif. Era kuda dinaiki sampai sekarang tetap dinaiki, kenalpot option sudah dijual. Tidak peduli penggemar modif atau tidak. Tidak pula pandang umur pria dan wanita. Banyak matik yang digeber ibu-ibu berani ganti kenalpot gaul. Hati-hati betis bu, disengat kenalpot.

Masih ingat pelek Morodadi. Pelek yang boro-boro jadi dari Surabaya, kira-kira 13 tahun lalu. Zaman itu, pelek racing palang hanya mengandalkan limbah, tapi tetap mahal. Morodadi murah yang berat dan tidak balance, pun diserbu. “Ganti pelek saja, penampilan kaki berubah,” sebut Topo, builder dari Tauco Custom di Kebagusan Raya, Jakarta Selatan.

Trik produsen  motor mengeluarkan edisi khusus dengani pelek palang. “Tidak pengaruh. Pelek palang option tetap dibeli. Lantaran, pelek sekarang sudah bolt-on. Tinggal pasang,” jelas Budi dari KTC dan Kosso di kawasan Sunter, Jakarta Utara soal pelek palang.

Bersaing dengan pelek jari-jari yang meriah warnanya. Seperti biasa,  terjangkit dari virus road race yang kembali pakai pelek jari-jari. Apalagi drag bike. Pilihannya pelek kelir  mutakhir. “Pelek ini bisa dijangkau kalangan anak muda pemotor. Justru mereka konsumen terbesar,” kekeh Felix, penjual pelek Excel Takasago dan gir SSS.   

Warna bodi tinggal pilih. Apalagi matik, dijual dengan warna menawan. Tidak seperti yang lalu-lalu beli striping versi Malaysia dan Thailand. “Tapi kalau mengubah warna harus ke tukang cat oven  plastik. Jadi kinclong,” kata Kiki dari Kebun Jeruk, Jakarta Barat, pengendara harian yang ganti kenalpot, pelek dan warna.

Tidak perlu ketiganya diganti. Kalau hanya mampu beli kenalpot, ya jangan dipaksa. Lain kali saja beli yang lain. Kasihan ente, gara-gara penampilan, motor malah di rumah terus. Kan gak ada uang beli bensin. Habis…  

 

 

BAGIKAN