nhk

Konferensi Pers MotoGP Jerez 2018: Tanpa Rossi, Takutnya Ribut Dengan Marquez, Juga Lorenzo

ManiakMotor – Dalam urutan klasemen memang Valentino Rossi usai ronde 3 Amerika, nggak masuk lima besar. Karena itu, nama Rossi nggak diundang dalam konferensi pers di Jerez, Spanyol pada Kamis 3 April 2018. Ini jumpa pers wajib mengahadapi ronde 4 MotoGP tahun ini di Jerez yang diadakan 4 – 6 Mei 2018 di sana.

Herannya, ada Jorge Lorenzo yang secara urutan jauh. Tapi itu hak panitia. Bisa saja, Rossi untuk sementara tidak dipertemukan dengan Marc Marquez. Takutnya ribut lagi, sisa dendam GP Argentina.

Jadi yang hadir adalah Andrea Dovizioso (Tim Ducati) karena memimpin klasemen, Marquez (Repsol Honda Team) ke-2 di klasemen, Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP), Andrea Iannone (Suzuki Ecstar), Lorenzo (Ducati), Tito Rabat (Reale Avintia Racing) dan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) lantaran kapasitasnya diisukan ke KTM.

Langsung saja ke intinya yang diberi ngomong duluan Dovizioso sesuai urutan. Kata Dovi dia masih terkejut sampai di Eropa memimpin klasemen, “Selisih di klasemen tipis, ini tanda kami kelola balapan di seri awal dengan benar. Banyak pengendara yang cepat, untuk itu di Jerez saya juga harus cepat. Memang ini sirkuit bukan milik Ducati. Namun untuk dapat hasil serial, saya juga harus kencang dan podium,” tutur Dovi yang hanya unggul 1 point dari Marquez di posisi kedua dan 6 point dari Vinales yang ketiga.

Selanjutnya cerita Marquez yang ditanyakan selama di Jerez baru 2014 menang. Katanya, walau hanya sekali menang, tapi dia tiap tahun podium. Contoh tahun lalu, kedua dan juaranya Honda lewat Dani Pedrosa, “Tampil di Jerez ini, motor memang harus prima set-up-nya. Sirkuitnya sempit dan banyak memainkan putaran mesin dari bawah sampai tengah. Tapi saya yakin tahun ini akan menang,” janji Marquez sembari sebut lawan-lawan yang semuanya ada di sampingnya, kecuali Rossi nggak ada.

Vinales yang dapat giliran ketiga bicara, sama saja. Maksudnya bertekad tampil terbaik, karena M1 juga membaik. Dia yakin walau tidak melakukan test pribadi di Jerez, tapi dengan aspal baru sudah pasti grip ban meningkat, “Ditambah dengan motor setiap serinya ada peningkatan. Pokoknya level Yamaha di Jerez ini berbeda dengan tahun lalu,” imbuh Vinales yang dari tekanan suaranya ikut menggertak.

Sisanya seperti Iannone bicara peluang Suzuki selalu terbuka untuk tampil mengejutkan. Juga Zarco yang terus terang dan resmi bicara dia akan bersama dengan KTM pada 2019-2020. Begitu ceritanya. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

MotoGP Jerez 2018: Nasib Lorenzo Tipis-Tipis Dengan Rossi Di Ducati