nhk

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016; Dahsyat! Ban Prototipe FDR Pecahkan Rekor Asia, 401 Km/liter

Rekor mobil hemat energi
Mobil yang digunakan Tim Sadewa Hore dari Universitas Indonesia (UI)

 

ManiakMotor – Hebat! ban prototipe FDR buat Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) langsung terbukti. Tim Sadewa Hore dari Universitas Indonesia (UI)  pemenang pertama kelas Urban Gasoline, bisa membuat 1 liter bensin menempuh  401,4 km. Bisa begitu karena gesekan ban tehadap aspal, beban dan tenaga dibikin kompak. Ban FDR yang digunakan memiliki Low Rolling Resistensi (LRR). Kasat matanya kontruksinya mirip dengan FDR MP27 yang ngetop  di balap. Atau pada FDR Facio untuk harian yang Eco Smart Tire (EST).

Mobil hemat bensin pakai ban FDR
Mobil yang digunakan Univeritas Pendidikan Indonesia

Hasil tersebut mematahkan rekor terbaik yang pernah mereka capai pada 2014, yaitu 301 km/liter saat  saat berlomba di Shell Eco Marathon tingkat Asia. Sedang event KHME sendiri diadakan di Kawasan Wisata Candi Prambanan, Jateng (1-4/11-2016). “Tim sempat tertinggal, tapi kita yakin dengan karya kami selama ini bersama ban FDR, dan teknik driver. Kami juga punya mental juara dan bisa membuktikan diri,” kata Jefri Alfonso Sigalingging dari tim Sadewa Hore Universitas Indonesia.

Peningkatan penghematan bahan bakar tidak hanya dialami tim dari UI, juga oleh tim-tim lain yang menggunakan ban FDR. “Senang FDR bisa mensponsori kompetisi macam ini karena, bisa membangkitkan semangat kami dalam berkarya untuk hemat energi. Tim-tim yang pakai ban FDR pencapaiannya naik semua, bahkan ada yang 100% lebih hemat daripada sebelumnya,” tambah Jefri pada ban buatan PT. Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) tersebut.

Sedangkan Univeritas Pendidikan Indonesia yang meraih juara pertama FDR Award. Mereka mencentak   best time lap  2 menit 58 detik menit mencatat perolehan 180,3 km/liter. Catatan itu lebih dari dua kali lipat dari rekor mereka sebelumnya di tingkat Asia.“Rekor kami sebelumnya sekitar 80 km/liter. Kami melakukan upgrade mesin dan mengganti parts menjadi low friction dengan target 110 km/liter. Tapi setelah pakai ban FDR hasilnya jauh di atas target, jadi 180 km/liter,” kata Ramdhani manajer tim Tim Bumi Siliwangi 4 dari UPI.

Ban prototipe FDR untuk kompetisi
Ban prototipe FDR untuk kompetisi

Tim Bumi Siliwangi 4 yang bersaing di kelas Urban listrik ini baru pertama kali menggunakan ban prototipe FDR dalam kompetisi. mereka pun langsung merasakan perbedaannya antara ban prototipe FDR dengan ban reguler yang mereka pakai sebelumnya.“Setelah pakai ban FDR, mobil langsung terasa lebih laju dengan rpm yang sama. Artinya tenaga mesin bisa disalurkan. Mesin lebih ringan tarikannya dan  sudah pasti konsumsi bahan bakar jadi lebih irit,” kata Ramdhani.

Untuk juara kedua FDR award di KMHE 2016 diraih tim Sadewa Hore dari Universitas Indonesia dengan best time lap 4 menit 5 detik. Juara ketiga FDR award diraih oleh Begawan Team dari Universitas Negeri Sebelas Maret yang merebut juara kelas Urban Diesel setelah berhasil mencatatkan 268,4 km/liter dengan best time lap 4 menit 8 detik.

“Ban prototipe ini memang dirancang khusus, komponnya Low Rolling Resistensi (LRR). Punya koefisien gesek yang rendah. Daya gelinding ban jadi semakin ringan dan jauh yang pada akhirnya konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat,” bilang Herry Junaidi Direktur Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban FDR tentang  ban prototipenya.

Mantap! Ardel

 

Berikut daftar pemenang KMHE 2016 dalam masing-masing kategori:

FDR AWARD

  1. Bumi Siliwangi – Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Sadewa – Universitas Indonesia
  3. Bengawan Team – Universitas Negeri Sebelas Maret

 

Urban Bensin:

  1. Sadewa – Universitas Indonesia
  2. Team 3 – Institut Teknologi Sepuluh November

 

Urban Diesel:

  1. Team 2 – Institut Teknologi Sepuluh November
  2. Bengawan – Universitas Negeri Sebelas Maret

Urban Etanol:

  1. Cula Satu Banten – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  2. Antawirya – Universitas Diponegoro

Urban Listrik:

  1. Bumi Siliwangi 4 – Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Nogogeni – Institut Teknologi Sepuluh Novemberr

 

Proto Bensin:

  1. Nakula – Universitas Indonesia
  2. Batavia – Universitas Negeri Jakarta

Proto Diesel:

  1. Apate – Universitas Brawijaya
  2. Semar – Universitas Gadjah Mada

Proto Etanol

  1. Rakata Etanol – Institut Teknologi Bandung
  2. Majapahit Mileage – Universitas Brawijaya

Proto listrik:

  1. Batavia Electra – Universitas Negeri Jakarta
  2. Apate 2 – Universitas Brawijaya

Juara Umun: Universitas Indonesia

Best Team: Universitas Pendidikan Indonesia

Best Video: Universitas Gadjah Mada