nhk

Kontrak ‘Kusut’ Sirkuit Sachsenring, Berhenti Gelar MotoGP 2019 Di Jerman

ManiakMotor – Sirkuit Sachsenring di Jerman ini memang khusus stop and go. Sirkuit pelan dalam semua kalender MotoGP selama ini, juga berlawanan arah jarum jam. Panjang keselurahan saja cuma 3,7 km. Berarti dia spesial putaran rendah.

Sayang, sirkuit ini kemungkinan terakhir kali digunakan pada 15 Juli 2018, tepatnya ronde 9 pada acaranya Dorna tersebut. Karena sirkuit ini masih bermasalah dalam kontrak, walau Dorna sendiri telah mengikat sirkuit tersebut sampai 2021 bersama ADAC.

“Atas nama Rennstrecken Management Sachsenring (RMS) GmbH, kami beritahukan  kontrak penyelenggara Motorrad Grand Prix Deutschland telah dibatalkan oleh ADAC Munich. Itu terhitung sejak musim 2019 di Sachsenring melalui surat 24-5-2018,” bunyi pernyataan tersebut pada Jumat pagi 25 Mei 2018.

ADAC Munich ini yang punya hak menyelenggarakan MotoGP di Jerman. Istilahnya promotor lokal. Dia terpisah dengan manajemen RMS. Kalau dilihat dari omongan masing-masing, terjadi perselisihan antara RMS dan ADAC.

Keduanya masih menyatakan ingin menggelar MotoGP di Jerman, itu ADAC. Sedang SRM ya maunya di sirkuit Sahcsenring juga yang sudah ada sejak 1998. Tapi, Dorna sebagai yang punya hak, tentu kerjasamanya dengan ADAC yang sampai 2021 tadi, “RMS masih berusaha dengan pemegang saham dan berkomunikasi dengan Dorna. Agar 2019 dan seterusnya masih di Sachsenring,” tulis pernyataan sirkuit tersebut.

Kalau buntu, ADAC tinggal mencari sirkuit baru di Jerman. Yang tersedia di sana masih ada Nurburgring, Hockenheim dan sebagainya. Nggak kayak di Indonesia, Sentul doang. MM

BAGIKAN