Kontras! Kemenangan Jorge Martin pada MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit yang Sama Sampai Patahkan Tulang-belulang 3 Tahun Lalu

Maniakmotor.com — Hari minggu kemarin (24 Maret 2024), Pembalap Ducati Pramac, Jorge Martin meraih kejuaraannya di Portimao. Dengan bangga, dirinya ungkapkan kemenangan doi di MotoGP Portugal 2024 merupakan pencapaian termatang sepanjang karir balapan. 

Mengapa begitu?, Martin mengulas kembali momen di mana doi crash di sirkuit yang sama, Portimao, pada tahun 2021. Dari insiden tersebut, dirinya sampai-sampai harus alami patah 9 tulang.

Hampir kehilangan karirnya di 2022 atas insiden crash di tikungan 7 Sirkuit Portimao. Amat kontras ketika kita melihat kembali gimana posisi Martin hari ini. 

Pembalap Pramac asal Spanyol tersebut alih-alih mengulang cerita lama, justru kasih paham dengan menyabet podium tertinggi di Portimao. Dirinya sudah cukup konsisten selalu podium sejak seri Qatar sebelumnya.

“Di Portimao kemarin, memimpin di awal sedikit lebih mudah karena saya bisa mengaturnya sejak dini. Jadi, begitu mereka (rival) mengejar, saya mendapat margin kecil, mungkin sepersepuluh atau setengah sepersepuluh, dan setiap putaran lebih cepat dari satu putaran,” ucap Martin dilansir dadi Crash (Rabu, 27 Maret 2024).

“Setiap lap terasa lebih cepat dari yang sebelumnya. Saya merasa nyaman namun mungkin dengan lima lap tersisa saya dapat melakukannya dengan 1 menit 38,5 detik karena masih ada hal lain pada (Desmosedici) yang harus saya dorong hingga batasnya. Overall ini adalah balapan yang sangat nyaman, karena ketika Anda memimpin di awal, itu akan lebih mudah.” sambung doi lebih lanjut.

Yap, Martin di sprint race sebelumnya memang meraih posisi ke-3 tepat di belakang sang Juara Dunia enam kali, Marc Marquez. Itulah yang membuat dirinya start dari grid depan. 

Pada akhirnya, pembalap Pramac tersebut meraih juara pertama di MotoGP Portugal sebagai seri kedua, dilanjutkan oleh pembalap Lenovo Ducati Enea Bastianini (kedua), dan sang rookie ajaib KTM, Pedro Acosta (ketiga).

-XiuXiu-