Kontroversi Ducati: Seharusnya Konsesi MotoGP 2024 Hanya ke Yamaha dan Honda, Tak Setuju untuk Aprilia dan KTM!

Alex Marquez Asapi Kakaknya di Sepang dengan Ducati Desmosedicci GP 22

Maniakmotor – Manajer Umum Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, memicu kontroversi dalam MotoGP 2024 dengan menentang pemberian konsesi kepada Aprilia dan KTM. Dall’Igna bersikeras bahwa Yamaha dan Honda yang membutuhkan bantuan lebih daripada dua pabrikan tersebut.

Dall’Igna menyatakan keberpihakannya terhadap memberikan konsesi kepada tim yang memerlukan, namun ia menilai bahwa Aprilia dan KTM telah tampil baik di MotoGP 2023, sehingga konsesi seharusnya diberikan kepada pabrikan yang mengalami kesulitan, yaitu Yamaha dan Honda.

“Saya sepenuhnya menentang pemberian Konsesi kepada Aprilia dan KTM. Saya tidak mengerti mengapa kami harus memberi mereka kemudahan,” ujar Dall’Igna, mempertanyakan keputusan tersebut.

Ducati, sebagai pemenang balapan sepanjang musim 2023, memiliki hak untuk menentukan pemberian konsesi. Dall’Igna berargumen bahwa membantu Yamaha dan Honda lebih penting daripada memuaskan keunggulan Aprilia dan KTM. Ia bahkan mengungkapkan potensi masalah besar jika Honda memutuskan untuk meninggalkan MotoGP.

Pandangan Dall’Igna tidak hanya tentang keunggulan balapan, tetapi juga tentang memastikan ketertarikan dan daya saing MotoGP tetap tinggi. Dengan menolak memberikan konsesi kepada Aprilia dan KTM, ia berharap kompetisi semakin ketat untuk meningkatkan kualitas MotoGP secara keseluruhan.

Raider