nhk

KTM Banyak Jurus Baru, Sasis Tak Perlu Aluminium Di MotoGP 2018

ManiakMotor – KTM sesuai data adalah merek yang dianggap sukses besar di tahun pertama mereka di MotoGP. Mereka punya jurus sendiri ketimbang harus latah alias membeo dengan merek yang khatam di MotoGP. Contoh suspensi, mereka menggunakan WP dari pada Ohlins. Trik yang sebenarnya pernah dibuat Honda dengan Showa, tapi Honda gagal pakai merek sendiri itu.

Toh dengan sokbreker depan dan belakang WP, KTM boleh disebut merek pendatang yang bisa bersaing. Sekarang mereka ngotot dengan sasis baja teralis. “Sejak awal kami tak perlu mengikuti sasis twin-spar aluminium. Kami punya paten sendiri menggunakan rangka teralis baja,” sebut direktur Teknik KTM, Sebastian Risse.

Walau tak dibicarakan jelas sejelasnya, penggunaan sasis baja tersebut lebih pas dengan suspensi WP. Analisanya begitu. Yang mereka cari rigid rangka yang terukur agar dapat grip dan stabilitas. “Kan cuma itu yang dicari di semua balap motor. KTM bukan hanya di MotoGP, tapi di arena lain sudah jauh terjadi,” tambah Sebastian yang juga membawa  firing order atau waktu pembakaran mesin bermetode sendiri.

KTM mengakui, sekarang mereka ada di MotoGP, motor yang bermesin sangat kuat. Tidak bisa disamakan dengan arena lain yang telah diikuti KTM, termasuk sasis Moto2 dan Moto3. Di dua arena supporting race MotoGP tersebut, mereka menggunakan sasis baja. Toh mantap juga. Bahkan di Moto3 berulang-ulang juara.

Rancangan KTM tersebut sangat yakin akan berhasil di MotoGP. Itu tadi pengalaman dari arena lain. “Kami sudal dalami yang diinginkan di MotoGP dengan infrastruktur yang ada pada pabrik racing KTM,” pungkas Sebastian.

Artinya tunggu saja hasilnya, jangan mengajari ikan berenang. Toh sasis ini pernah muncul di Ducati bahkan bisa membawa Casey Stoner juara dunia. Miolo

BAGIKAN