nhk

Kunci Rossi Di Aragon Set-Up M1 Prima Di Tikungan Cepat, Pengeraman Deras Dan Akselerasi

Valentrino Rossi Jelang Aragon 2016

ManiakMotor – Ada tikungan cepat dan ada pula pengereman keras. Berarti ada juga tikungan lambat. Kan kalau sebut pengereman deras berarti berusaha memelankan motor. Nah, sampai di tujuan pengereman keras itu, di situlah tikungan lambatnya. Ah sampeyan juga tahu kok.

Iitu fokus Valentino Rossi pada setelan M1-nya di sirkuit Aragon di Spanyol, tempat ronde 14 MotGP yang race-nya  25 September 2016. “Model sirkuit begitu, penting pada setelan motor yang komplet. Kuncinya hanya di situ dan berusaha tampil baik,” sebut Rossi soal komentarnya jelang GP Aragon.

Rossi  juga berusaha tampil terbaik setiap seri tanpa harus berpikir point di klasemen. Maklum dianya masih tertinggal 43 angka dari Marc Marquez. Disebut masih, karena paruh musim lalu dia sudah ketinggalan 59 point. Lumayan, berhasil memangkas 16 point dari empat seri lalu. “Seperti saya tampil di Misano yang inginnya sih juara. Tapi ternyata ada Dani (Pedrosa) yang lebih kuat,” tambah Rossi soal maksudnya tampil oke setiap ronde sisa ke depan.

Sebenarnya Rossi sebut akan membangun set-up M1 yang sempurna di Aragon. Berhubung sempurna itu hanya milik Tuhan, sebut saja komplet. Yakni motor yang enak lajunya saat menikung kencang yang sebanarnya sudah karakter bawaan Yamaha. Lalu pengereman deras yang menuntut setelan keseimbang peralihan bobot dari buntut ke front end.

Di saat sama memperbaiki akselerasi usai pengereman keras pada tikungan lambatnya. Berarti memang Aragon adalah sirkuit teknikal yang menyediakan banyak karakter mengendara. Belum lagi, sirkuitnya berlawanan arah jarum jam. Komplet kan…. Ya iyalah, panjang sirkuit cuma 5.1 km, tapi ada 17 tikungan yang 10 kiri dan 7 kanan.

Karena itu, Om Rossi sudah bertekad untuk mendapatkan arah penyetalan motor sejak sesi latihan bebas pertama. Sesi ini berlangsung Jumat pagi pada 23 September. Bila sudah terarah kan lebih mudah improvisasi setelan selanjutnya sesuai tuntan sirkuit dan Rossi sendiri. “Aragaon adalah  sirkuit salah satu favorit saya. Nah mendepatkan setelan motor terbaik, sejak hari pertama juga harus bekerja baik,” pungkas Rossi.

Baiknya ditunggu saja. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

 

BAGIKAN