nhk

Kunjungan Pabrik TVS Karawang: Matik TVS Dazz Sudah Dirakit Di Situ

 

 

ManiakMotor – TVS Dazz, motor matik pertama TVS yang dijual Rp 9 jeti  di Indonesia sudah dirakit. Ya rakitnya di pabrik TVS sendiri, bukan di India tapi di Surya Cipta City of Industry kav 1-30 Kutanagara, Ciampel, Karawang, Jawa Barat.

Itu pabrik motor bro. Pabriknya motor-motor TVS, termasuk Dazz. Macam itulah kunjungan pabrik TVS sekaligus launching Dazz, 23 Juli 2013. Di pabrik seluas 20 hektar itu langsung disambut jejeran Dazz yang sedang dibentuk jadi matik. Ini hari kedua perakitan. Sebab ada pesanan 500 unit sejak Pekan Raya Jakarta (PRJ), sepertiganya sudah terpenuhi,” ujar Agus Yani, karyawan TVS yang menemani kunjungan pabrik.

Pabrik di kota goyang-goyang Karawang ini bukan hanya melayani TVS yang dijual di Indonesia, juga untuk ekspor ke beberapa negara Aasia Tenggara macam Myanmar, Fhilipina dan ada juga yang  ke Iran. Cara kirimnya SKD alias semi knock downmacam TVS Apache yang komponen-komponen kecilnya dilepas.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Mesin dirakit diruang isolasi khusus, sengaja, takutnya ada penyakit menular macam karat. Kan karat penyakit menularnya besi yang sebagian besar jadi onderdil motor, hehe. Bukan begitu, mas?  “Betul! Tidak semua orang bolem masuk, karena ini ruang steril agar tidak ada asem yang masuk penyebab karat, debu atau benda asing yang masuk ke mesin saat perakitan,” tunjuk Agus pada ruang mirip akuarium, karena semua sisinya dari kaca.

Per hari TVS mampu mrmproduksi 500-600 unit dan mengekspor 1.000-2.000 unit dalam sebulan. Lengkap tersedia alat untuk merakit motor, ya iya lah namanya juga pabrik, mulai dari alat pasang ring piston sampai lab-lab kecil yang menguji mutu komponen. Untuk finishing cat contohnya, jika tidak sesuai dengan standar produksi akan dikembalikan kebagian finishing.

Bosan mengelilingi pabrik dengan kawalan Pak Agus, reporter portal ini diam-diam nyelip ke ruang penyimpanan spare part. Maklum penasaran dengan jeroan mesin motor yang punya slogan Motor India Kualitas Dunia. Dan semua part tertata rapi menurut jenis motor dan penyimpanannya bagian perbagian. Bahkan portal ini sempat mengambil gambar puli dan roller TVS Dazz.

Kunjungan ditutup dengan demonstrasi kekuatan bodi TVS yang tidak patah atau rusak sekalipun di injak-injak. Semua unit yang terdiri dari tiga jenis ini akan di lakukan pengecekan final dan dipakai jalan melewati trek di area pabrik. Diinjak dan jatuh di aspal beda nggak ya? Adit

BACA JUGA

TVS Dazz 2013, Rp 9 Juta, Launching Usai Lebaran

TVS Dazz 2013, Matik 110 CC Pertama Yang Harganya Rp 9 Jeti

Kawasaki KLR 650 2014; Moge Cuma Rp 65 Juta

Shoow Room Terbesar AHM, Sehari Servis 230 Motor

Yamaha New Vega RR 2013, Ini Sebab Ia Laku Drastis Bombastis, Juni…!



BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353