nhk

Kunjungan Pabrik Yamaha, Bertemu Robot Pencetak Rangka Geometri

ManiakMotor – Yamaha sampai detik ini belum tertandingi soal ilmu geometri rangkanya. Ini ilmu segitiga menghitung ruang  gravitasi yang  disebut centroid triangle. Ilmu yang sebenarnya didapat dari sirkuit yang diterapkan pada motor harian Yamaha di seluruh dunia. Makanya semua produk Yamaha terkenal gampang dihendling, nyaman. Termasuk Yamaha Lightning Vixion (New Vixion) yang akan dilaunching di Bandung, Jawa Barat, 16 Desember 2012.

Bertepatan maniakmotor.com berkujungan ke pabrik Yamaha atau Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ)di Karawang, Jawa Barat, 14 Desember 2012. Kunjungan ke bagian ini masih ada hubungan dengan peluncuran New Vixion. Di pabrik ini, langsung toz bro dengan robot-robot pencetak motor  Yamaha. Robot-robot ini mengaku telah diprogram dengan centroid triangle. Wah, bisa ngomong dia. Hehehe.

Sugiyono dari Assembly Engine And Body YMMWJ meterjemahkan bahasa robot. Maklum, robot punya bahasa sendiri. Katanya, robot-robot ini sudah bekerja sesuai rumus perintah dari programnya. “Maka satu sama lain motor yang diproduksi tidak akan berbeda. Semua presisi. Misalnya, Jupiter Z1 yang baru, rumus sasisnya dari Yamaha R1. Itu sama dengan rumus geomteri juga,” kata Sugiyono pada Jupiter Z1 yang generasi sebelumnya tidak terkalahkan di balap pasar senggol. Balap saja juara, apalagi harian.

Benar kan. Itu robot sejak perakitan awal sampai motor bisa berjalan, mereka yang mengerjakannya. Robot itu dinamai Varo, wah kirain Arnold si pemeran Terminator. Robot ini diset untuk menghitung dari titik 0,  angle atau sudut kemiringan X sampai Y. “Tapi tetap diperiksa lagi  oleh manusia. Sifat manusia hanya pengecekan  untuk melihat penetrasi pengelasan dan kekuatan sambungan,” tambah Sugiyono.

Sebenarnya portal ini ingin melihat proses perakitan New Vixion, motor sports terlaku di Indonesia. Karena Vixion sudah lebih berkembang geometrinya, kan dia memakai sasis deltabox atau rangka kotak. Perakitan New Vixion dan model sport, di pabrik Pulo Gadung, Jakarta Timur,” bilang Sutarya, Marketing Director YMMWJ.

Padahal, tulisan ini juga ingin membuktikan tema launching Vixion, city touring. Turing dalam kota mas bro. Motor yang nyaman dengan rumus gemetrinya untuk adu henling nyaman di dalam kota. Pilihan pada turing, jelas berkaitan dengan sasis dan karakter mesin. Model New Vixion bisa bikin brosist terlena saking nyaman saat berkendara, apalagi muter-muter di kota yang padat. Badan tidak pegal linu kendati meliuk-liuk ala Velntino Rossi dan Jorge Lorenzo. Itu yang dijanjikan New Vixion.

Wajar saja janji itu dengan ilmu simpanan New Vixion yang memakai deltabox. Dengan deltabox distribusi bobot yang dihitung dengan geometri lebih efisien. Lebih utama lagi, rangka kotak itu Yamaha pelopornya di akhir 70-an. Kamsudnya, eh, maksudnya deltabox itu penemunya Yamaha. Jelas sudah satu paket dengan geometri masa kini. Adib

BERITA TERKAIT:

Yamaha Jupiter MX135 2013, Bebek Berotot Racing Champion

Yamaha New Vixion Lightning 2013, Tetap Oke..!

Test Ride Yamaha All New Jupiter Z1

Test Ride Honda CB150R StreetFire; Sasis Gesit, Mesin Agresif, Harga Kompetitif (Rp 22.35 Jeti)

 

BAGIKAN