nhk

Lacak Indikator Bensin Motor Sering Menipu..!

Maniakmotor – Bagi pemilik motor tipe apa saja tetap panik kalu indikator bensin ngaco. Saat indikator menunjuk huruf ‘F’ alias full tangki, eh tiba–tiba motor mogok.

Setelah dicek bensin di tangki kosong atau sebaliknya indikator menunjuk ‘E’, pas diisi meluber atau bensin penuh. Namanya juga indikator ngaco sama dengan otak ngaco. Itu panelnya sudah menipu.

Biasanya itu terjadi di spidometer manual yang pake jarum. Namun juga dijumpai pada digital. Tapi yang digital bisanya hanya main mata. Maksudnya berkedip-kedip, bro. “Bisa dari kabel kelistrikan, pelampung bensin atau panel spidometer,” tegas Fian pebengkel dari maniakmotor.com.

Mekanik ramah ini kasih panduan. Tapi sebelumnya kapasitas bensin diisi penuh dulu. Langkah awal cabut soket kabel kelistrikan pada pelampung, tepatnya di bawah jok (gbr-1). Untuk motor Honda bebek dan matik ada 3 kabel, terdiri dari 1 kabel massa dan 2 kabel arus positif yang terhubung ke panel spidometer. Kedua kabel itu untuk indikator F (full) dan E (empty).

Sedang Yamaha dan Suzuki biasanya hanya ada 2 kabel. Nah soket kabel tadi tinggal disambung istilahnya dijumper menggunakan potongan kabel (gbr-2). Silahkan diintip indikator bensin pada panel spidometer, jika panel bergerak atau menunjukkan tanda penuh, itu indikasi kerusakan ada pada pelampung. Tinggal diservis atau diganti. Kan artikel ini hanya melacak bukan memperbaiki. Hehehe…

Bila panel tidak berubah kerusakan ada pada kabel kelistrikan. Untuk melacak kabel bisa menggunakan multitester (gbr-3) untuk memastikan adanya arus listrik dari aki baik yang menuju pelampung maupun ke indikator bensin.

“Pelampung dan kabel baik-baik saja tapi indikator masih tetap tidak berfungsi, instrumen bensinnya yang rusak. Mempernaikinya memang sulit. Mending langsung diganti saja spidonya,” tutup Fian.

Waduh…

BAGIKAN