nhk

Launching Kawasaki KLX150L 2014, Diameter Roda Lebih Besar 2 Inci, Enteng Di Jalan Kribo

ManiakMotor – Ground clearance Kawasaki KLX150L 2014 yang berusan di launching, lebih tinggi 20 mm dari pendahulunya. Sekarang, bebas masuk-keluar hutan dan nyaman menggelinding di jalan keriting. Juga leluasa masuk kebun pertanian di seluruh pelosok tanah air. Ground clearace adalah jarak terendah motor diukur dari tanah.

Bergeraknya jarak dari tanah tersebut, sebab edisi KLX150L 2014 pakai roda depan 21 inci dan belakang 18 inci. Sebelumnya depan 19 inci dan dan belakang 16 inci.  “Roda ini inspirasinya dari modifikasi konsumen. Kami hanya menjawab kebutuhan mereka,” ucap Mitsuhiko Okada, Direktur Marketing PT. Kawasaki Motor Indonesia di area Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat saat peluncuran KLX150L pada 14 Desember 2013. Okada memang tidak menyebut modifikasi aliran mana? Yang sudah pasti satu aliran dengan garuk tanah.

Jelas, nih trail tidak akan montok, eh mentok-metok batu saat melibas lumpur. Lho? Iya, justru saat berlumpur, tiba-tiba batu nongol di tengahnya, itu biasa ditemui di medan adventure. Atau tanah berlumpur yang berubah kering yang kerap dilintasi di jalanan desa dan pengerasan. Di sana akan terbentuk jalur tikus (rat) atau jalan yang tergali oleh roda-roda motor yang lalulalang.

Dengan diameter roda yang lama, mesin menggesek tanah lantaran galian bekas roda tadi, kian dalam. Ya, hasilnya motor tak mau jalan, karena menggantung, jalan pun mungkin susah payah. Tapi dengan diameter roda bertambah, hal itu mudah diatasi, wuzzz. “Kok tahu?” jawab Okada sembari bertanya kembali yang diiringi senyum ala Jepang. Mosi-mosi, ya tahulah bro, mantan penggaruk tanah juga. 

Ada lagi keuntungan diameter roda lebih besar. Di jalan keriting, roda tak mudah terperosok. Boleh diumpamakan pada kelereng dan bola tenis, masuk di lubang yang sama. Tentu saja yang akan masuk lebih dalam adalah kelereng. Apalagi bila lingkaran lubangnya lebih kecil dari bola tenis. Sama juga dengan roda diameter besar dan kecil. Yang besar hanya bermain di atas lubang-lubang jalanan tersebut.

Diemeter roda ikut memengaruhi jarak sumbu roda. Tentu juga jarak trial atau titik tengah roda depan ke poros lurus komstir. Juga lengan ayun bertambah panjang, sesuai bergerak lingkar roda. Kedua pergerakkan ini, tidak mengubah kestabilan dan manuver. Kira-kira begitu lantaran belum dites. Tapi begitulah, karena sudah berani dijual.

Spek mesin masih tetap KLX150. Tapi power disuntik untuk antisipasi lingkar roda yang otomatis lebih berat dari terdahulu. “KMI hanya memainkan knalpotnya dari Euro 2 ke Euro 3. Emisi gas buang lebih ramah, namun tenaganya naik,” ungkap Okada yang menarget penjualan 1.500 unit per bulan dengan harga sekarang Rp 25.200.000.

Silakan dicicip. Ghalib

BACA JUGA

Gathering With Media, Kawasaki Motor Indonesia Prepare Kantor Baru

Nih Resep Kawasaki Indonesia 2014, Tangkal Yamaha R25 Ancam Ninja 250

Makin Penuh Jalanan Dengan Honda, Target Penjualan 4.7 Unit 2013

Kabar Penjualan Yamaha, Matik Tertinggi, New V-Ixion Tetap Kuat dan Vega Bersinar

 

BAGIKAN