nhk

Launching Motor Baru Yamaha, Yamaha New GT 125 Eagle Eye, Harga Rp 15 Jutaan

 

 

ManiakMotor – Datangnya undangan launching produk baru dari Yamaha Indonesia (YI) sempat dikira peluncuran Yamaha YZF-R15. Yang nongol di Syke Restaurant di kawasan Jln. Thamrin, Jakarta Pusat, 7 Januari 2014 adalah matik yang disebut Yamaha New GT 125 Eagle Eye. Sorotan motor ini cocok dengan lokasi launching  dari lantai paling puncak Menara BCA. Ya, tinggal terbang dan menukik lalu memacetkan jalan Thamrin yang memang macet, hehe.

Ini pengenalan motor anyar pertama Yamaha 2014. Dari namanya langsung tersirat GT (Gallant and Tough/Gagah Tangguh) dengan embel-embel mata elang. Tahu sendiri elang, punya tatapan tajam dalam memburu. Nah itu bodi New GT125.  Elang juga punya power mengepak sayap dan kakinya mencekram mangsa. Ini dia mesin New GT125 seperti turunan Yamaha punya torsi cepat nan kuat didapat pada putaran yang relatif rendah, maksudnya gesit bro. 

Begitulah New GT125 Eagle Eye. Dalam jajaran matik dijual partai besar, ia berkapasitas paling tinggi di jajaran Yamaha.  Juga di antara merek yang ada di Indonesia. Maaf ya nggak dihitung matik berkapasitas lebih besar lagi tapi hanya dijual puluhan unit per bulan. “Kalau ini targetnya 20.000 unit sebulan,” ujar Dyonsius Beti selaku Direktur Marketing YI. Tuh kan… 

Memang yang ditonjolkan mata elang dari bentuk depan yang diwakili lampu utama. Tapi perhatikan sayapnya, ada urat-urat sayap elang di sana. Apalagi kaki-kaki diwakili pelek, sokbreker dan kaliper rem yang hitam. Belum lagi bagian bawah bodi yang juga item bersama tabung knalpot. Itu namanya elang yang memang sangar, gahar, bikin getar. 

Mesin memang nggak jauh dari Yamaha Xeon RC, hanya berbeda posisi filter udara (silakan lihat spesifikasi). Filter pada Xeon di atas CVT, pada New GT 125 ini di bawah bagasi. Eh bagasinya sendiri sanggup ‘menelan’ helm half face.  “Ini GT All New dengan mesin 125 cc dan penampilan keseluruhannya terpengaruh Eagle Eye. Cahaya lampu ini putih kebiruan, walau bohlam yang dipakai sama,” cuap Yayank, modifikator dari 909 Hot Matic asal Bandung, Jawa Barat yang menggarap 3 GT125 custom yang ikut dipajang.

 Sesuai janji YI pada saat meluncurkan Yamaha Soul GT tahun lalu, bahwa akan ada GT Series atau seri-seri GT yang lain. Sekarang sudah muncul rajanya GT, di atas Soul GT dan Mio GT. Sasaran pasarnya pria dan wanita usia 20-30 tahun. “Ini motor memang menyasar usia tersebut, karena sepeda motor jenis matik selain untuk transportasi juga sebagai life style,” ujar Eko Prabowo selaku GM Marketing YI. 

New GT125 Eagle Eye dilepas dengan Rp 15,9 juta On The Road Jakarta. “Selama bulan Januari ada potongan Rp 1 juta dan bonus tas ekslusif,” tutup Eko. Adit

BACA JUGA

Yamaha Xeon GT125 2014, Katanya Januari 2014 Dirilis

Yamaha R15 Di Launching 7 Januari 2014? Yang Pasti Bukan R25

Tampang Asli Yamaha R25, Baru Tebakan..!

 

Spesifikasi New GT125 Eagle Eye :

 

DIMENSI

P x L x T: 1.855 mm x 700 mm x 1.070 mm

Jarak Sumbu Roda: 1.265 mm

Jarak Terendah ke Tanah: 135 mm

Tinggi Tempat Duduk: 760 mm

Berat Isi: 101 kg

Kapasitas Tangki Bensin: 3,8 liter

MESIN

Tipe Mesin: 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan

Jumlah /Posisi Silinder: Silinder Tunggal / Mendatar

Diameter x Langkah: 52,4 x 57,9 mm

Perbandingan Kompresi: 10,9 : 1

Daya Maksimum: 11,4 PS (8,4 kW) / 9.000 rpm

Torsi Maksimum: 10,4 N.m (1,06 kgf) / 6.500 rpm

Sistem Starter: Electric Starter dan Kick Starter

Sistem Pelumasan: Basah

Kapasitas Oli Mesin: 0,9 Liter/Perawatan Berkala : 0,8 Liter

Sistem Bahan Bakar: (Fuel Injection System) YMJET-FI

Tipe Kopling: Kering, Kopling Sentrifugal

Tipe Transmisi: V-belt Otomatis

Pola Pengoperasian Transmisi: Otomatis

 

 

BAGIKAN