nhk

Modifikasi : Lazareth LM847, Motor Paling “Edan” di Dunia

lazareth-lm847-perancis

ManiakMotor – Disebut paling gila, liat aja tongkrongannya. Motor tersebut dilengkapi dengan roda dan belakang, masing-masing dua tandem. Kemudian jantung pacu alias mesin pakai mobil punya, terkenal lagi. Terakhir, sang joki harus punya dada lebih dari pelat daya tahannya.

Menarik dari Lazareth LM 847 ini bukan hanya karena tongkrongannya yang tak lazim. Kelahirannya dibidani oleh sekelompok pekerja yang tergabung dalam perusahaan bernama Lazareth asal Perancis. Dan sempat dipamerkan pada Geneva Motor Show di Swiss, Maret lalu.

Ini bukan karya pertama Lazareth dengan LM847. Sebelumnya, mereka sudah pernah menggarap Wazuma Quad Bike, Roadster Wazuma GT, dan Renault Twingo bermesin Range Rover V8 di belakang.

Ketika masih dalam bentuk konsep saat di pamerkan di Geneva, LM 847 masih menggendong mesin Tomahawk V10. Diskusi pun terjadi dan ada yang memberi masukan agar pakai mesin V8 seperti punya Boss Hoss dari Amerika dengan mesin Chevy V8 5.7 liter. Pilihan pun beragam, ada Quarttroporte atau Alfa Romeo 8C Competizione.

Tim akhirnya memutuskan pakai mesin Maserati 4.7 liter V8 bertenaga 470 HP dengan torsi 457 lb-ft. Jelas, ini angka yang mengesankan untuk mobil, terlebih sepeda motor. Uniknya, Lazareth  hanya mengandalkan transmisi tunggal untuk menyalurkan tenaga ke roda.

Untuk meredam tenaga yang dahsyat, sangat tak mungkin dengan roda tunggal depan dan belakang. Solusinya, harus dua roda tandem dan yang depan dihubungkan dengan as roda yang pendek agar motor yang memiliki bobot 400 kg bisa manuver dengan enak. Sayang, tidak disebutkan sistem suspensi dan remnya.

Meski dikendarai terasa nyaman, sang joki ketika membawa LM847 harus sedikit membungkuk. Berarti, posisi dada agak mendekat ke mesin sehingga terasa panas. Bisa dibayangkan kalau perjalanan cukup jauh. Pantas lah Lazareth LM847 sebagai motor “edan”. Maliq

 

 

BACA JUGA

Yamaha SR400 Yard Built, Karya Mekanik MotoGP Valentino Rossi

Kawasaki Vulcan, Digarap Dua Rumah Modif, Suntikan NOS 

Modifikasi Nouvo Z: Punya Speksifikasi Juara, Pakai Sokbreker Ohlins

Motor Listrik Juga Bisa Dimodifikasi Jadi Café Racer

BAGIKAN