Lebih Irit Honda CB125R 2024 atau Honda BeAT? Motorsport Teririt vs Matic Teririt

Maniakmotor.com – Industri motor kembali bergeliat dengan kehadiran model terbaru dari raksasa otomotif Honda. Honda CB125R 2024 telah memasuki arena dengan keunggulan yang memukau, tetapi pertanyaannya, apakah ia bisa mengalahkan saudaranya, Honda BeAT, dalam hal efisiensi bahan bakar? Persaingan antara keduanya telah memunculkan sejumlah pertanyaan yang membingungkan, tetapi jangan khawatir, kami punya jawaban yang mengejutkan!

Honda CB125R 2024 mengusung gaya Neo Sports Cafe yang memikat hati, menghadirkan diri dalam segmen sportbike non-fairing 125cc dengan semangat yang tinggi, siap bersaing melawan rival tangguhnya, Yamaha XSR125.

Namun, kali ini kita akan fokus pada pertarungan efisiensi bahan bakar antara CB125R dan Honda BeAT.

Meskipun Honda CB125R mengadopsi mesin baru yang memenuhi standar emisi Euro 5+, yang lebih ramah lingkungan, apakah hal ini berdampak pada efisiensi bahan bakarnya? Mari kita lihat.

CB125R dibekali dengan mesin silinder tunggal DOHC berpendingin cairan dengan injeksi bahan bakar PGM-FI 124,9cc.

Meskipun mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,7 dk pada 10.000 rpm dan torsi maksimum 11,6 Nm pada 8.000 rpm, konsumsi bahan bakarnya mencapai rata-rata 45,5 km per liter berdasarkan pengetesan WMTC cycle.

Namun, apakah angka ini cukup untuk menyaingi Honda BeAT?

Honda BeAT dikenal sebagai motor yang sangat irit. Dengan konsumsi bahan bakar mencapai 60,6 kilometer per liter bensin, BeAT telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengendara yang mengutamakan efisiensi.

Tetapi, apakah keiritan BeAT bisa mengalahkan pesaingnya yang baru?

Ketika mempertimbangkan kapasitas tangki bensin, Honda CB125R memiliki tangki berkapasitas 10,1 liter.

Ini berarti dengan konsumsi bahan bakar 45,5 km per liter, motor ini dapat menempuh sekitar 459,55 km sekali penuh. Namun, apakah jangkauan ini cukup untuk menyaingi Honda BeAT?

Performa CB125R tidak bisa diabaikan. Dengan suspensi depan upside down dari Showa, pengereman cakram penuh, dan fitur panel instrumen digital layar TFT ukuran 5 inci full color, ia menawarkan pengalaman berkendara yang modern dan dinamis.

Namun, apakah fitur-fitur ini cukup untuk mengungguli reputasi keiritan Honda BeAT?

Dengan pertempuran sengit antara CB125R 2024 dan Honda BeAT, jawabannya akan menjadi subjek perdebatan.

Namun, satu hal yang pasti, keputusan ada di tangan Anda. Apakah Anda lebih memilih gaya dan performa Honda CB125R, atau efisiensi legendaris Honda BeAT? Satu-satunya cara untuk mengetahui jawabannya adalah dengan menguji keduanya secara langsung!