nhk

Lelang Vespa Di Pameran Seni Rupa Indonesia 2012

 

ManiakMotor – Vespa bagian dari seni. Diciptakan 1946, si kembung seperti simbol ikon motor abadi. Contoh gelaran bertajuk Bazzar Art Jakarta (BAJ), 26-29 Juli 2012 di The Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Vespa hadir dalam pameran seni rupa terbesar di Indonesia itu, sebagai media seni. Nah, kalau mau beli Vespa buat seni aja, jangan dinaiki. Hehehe…

Lima seniman Indonesia coba mengekspresikan keratifitasnya pada bodi Vespa keluaran terbaru. Yaitu dua Vespa LX 125 berserta boksnya. “Vespa dan seni tidak terpisahkan, wajar berpartisipasi dalam pameran ini,” ungkap Sergio Mosca, Managing Director PT. Piaggio Indonesia.

Seniman bernama Darbotz menciptakan desain berjudul Splatter. Darbotz terinspirasi lalu lintas Jakarta yang penuh dengan kendaraan, debu dan kotoran lain. Namun desainer punya pandangan yang berbeda pak, kotoran dan debu tersebut diubah menjadi sesuatu yang bernilai. Ya, iya, kalau Jakarta tidak begitu, bukan Jakarta namanya.


Lain lagi Uji Handoko. Desainer muda ini punya judul Ater Wage dan Bayang. “Saya pikir Vespa dengan media bodi banyak, akan lahir di situ,” kata desainer bergaya nyentrik itu. Teknik air brush pada kreasi Uji cukup simpel, hanya tanda panah keatas. Yang menggambarkan seniman muda sepertinya sedang dalam pertumbuhan. Sama seperti pengguna Vespa sekarang ini,  didominasi anak muda yang sedang berkembang sesuai jati dirinya.

Budi Nugroho menggunakan model sayap Superman pada boks Vespa. Itu baru aneh, Superman naik Vespa, eh, naik boks. Boks ini dibeli Ibu Sita Satar Rp 3 juta. “Aneh dan unik. Saya tertarik untuk dipajang,” kata Ibu yang tidak bisa naik motor itu.

Dua Vespa dan tiga asesoris karya seniman Indonesia itu ternyata dilelang loh. Kurang dari setengah jam kelima barang tersebut lude. Total harga lelang Rp. 57.500.000, untuk kelima barang. “Dana dari hasil pelelangan akan di donasikan kepada Yayasan Seni Rupa Indonesia,” tutup Sergio.

Ooo. Adib

BERITA TERKAIT:

Vespa New PX150, Harga Rp 59 Jeti

Vespa S150ie, Ingat Kakek Gue

Vespanya jangan diklik, bisa tetanus!





 

BAGIKAN