nhk

Levis Bikin Motor, Kerangka Dan Sok Depan Unik Dengan Mesin V6

Levis V6 masih konsep

ManiakMotor – Sebut Levis (bacanya; Lee-Vize), sontak terlontar celana dan jaket jeans, kaos, dan banyak lagi. Ternyata, ada Levis (bacanya; Le-Viss) sebagai produsen sepeda motor. Markasnya di Inggris dan sudah berdiri sejak 1911, namun produknya ngak ada yang melengenda seperti saudaranya Triump, Norton atau Jawa.

Kerangka dari stainless steel, juga pegangan as roda depan dengan aluminium billet

Awal tahun ini, Phil Bevan, perancang otomotif membeli Levis. ia mengajak Steve Kirk sebagai kepala desain yang dibantu beberapa anggota. Sesuai yang lagi tren Cafe Racer di Eropa, mereka pun memulai konsepnya dengan mesin V6.

Kalo dilihat, karya Bevan cs ini terkesan biasa. Sesungguhnya, minimal ada tiga

Konstruksi mesin Levis V6

ketidaklaziman yang diterapkan di sini. Pertama, konstruksi modular mudah diubah sehingga memungkinkan untuk diubah menjadi V10, V8, V6, V4 atau V-Twin dengan sudut V22 yang sangat sempit. Juga memungkinkan konstruksi blok tunggal.

Trus, pelat di blok dapat ditukar untuk mengubah dari 4-Tak ke 2-Tak atau ke diesel. Pada Cafe Racer ini mesin berkapasitas 1200 cc punya tenaga maksimum 130 bhp dengan torsi 140 lb/ft.

Menarik lainnya, kerangkanya memakai stainless steel. Termasuk pegangan as roda depan dengan dua kerangka yang mengapit aluminium billet. Suspensi depan tunggal terletak di bawah lampu depan. Untuk girbok dan lengan ayun (swingarm) tunggal juga dari stainless steel.

Pengerjaan dilakukan di rumah, termasuk sistem kontrol ECU, ABS dan traksi dari pengalaman Bevan saat membangun supercar. Ada enam pipa header yang didalamnya ada catalytic converter dekat kepala. dengan pelek 18 inci yang dibalut ban 200 di belakang bikan tampilan V6 Cafe Racer tampak galak. Maliq

 

BAGIKAN