nhk

Lit C-1 Andalkan Gyroscopic Untuk Berdiri Sendiri

 

ManiakMotor – Daniel Kim niat banget melanglang buana sekadar mengamati sistem transportasi di negara-negara yang dikunjungi. Dia lantas meresapi dan muncullah ide mendesain motor dengan keunikan luar biasa. Adalah LitMotors berbasis di San Fransisco – tempat Kim bekerja – yang akhirnya menamai motor itu Lit C-1.

   

Yang istimewa adalah teknologi gyroscopic hasil inspirasi Segway. Ingat Segway, kan? Giroskopik yang dimaksud yakni kayak flywheel di lantai Lit C-1 yang akan menjaga motor dapat berdiri sendiri meski hanya memiliki 2 roda. Flywheel itu akan menghasilkan torsi 1,300 lb/ft atau 1.763 Nm untuk menjaga motor tetap berdiri.

Sebagai penggerak daya, kedua teromol dipasangi motor elektrik, salah satunya motor listrik high performace yang mampu melaju hingga 193 km/jam. Dengan aki 8-10 kilowatt-hour, C-1 dapat melenggang sejauh 241 – 354 km sebelum ketemu colokan listrik lagi untuk dicharge.


Teknologi canggih lain yang diterapkan adalah KERS (kinetic energy recovery system). Yakni, memanfaatkan proses pengereman untuk mengisi ulang aki, sekaligus difungsikan untuk mempercepat putaran flywheel guna meningkatkan stabilitas. Ini terinspirasi teknologinya Toyota Prius yang sudah dijual bebas di Indonesia.

Gimmick yang bakal dijejalkan di C-1 antara lain koneksi internet dan GPS, yang memungkinkan pemantauan kondisi kemacetan, cuaca dan informasi penting lain. Untuk tahap awal, C-1 akan dijual seharga US$24,000 pada akhir  2013 dan akan turun jadi sekitar $16.000 ketika telah diproduksi masal pada 2014. Should you want one… Yon

BERITA TERKAIT:
Test Ride Yamaha All New Jupiter Z1
MV Agusta F4100RR, Anggap Asean Bodoh
Injeksi Mio J Sederhana
Kawasaki Ninja 250, Bukan Ijo..?
Aprilia Mana X Concept


 

BAGIKAN