nhk

Lotus C-01: Motor Gede Nan Elit, Rangka Pesawat Terbang

 

ManiakMotor – Bulan lalu maniakmotor.com ikut membocorkan program rahasia Lotus. Mereka akan bermain di industri sepedamotor dengan desain kuda besi yang futuristik. Kini pabrikan mobil sport yang juga penyuplai mesin di Formula 1 itu resmi merilis program C-01 sebagai motor pertama buatan mereka. Canggih dan cantik tuh motor.

Dimensinya bodi dan kapasitas di atas superbike dan rada-rada cafe racer. Motor ini digarap Daniel Simon. Ia memang pakar di bidang motorsport. Produksinya tak langsung digarap Lotus, tapi diserahkan pada rumah produksi Kodewa di Jerman. Turut serta dalam pengembangannya adalah Holzer Group yang juga dikenal sebagai co-owner Kalex. Kalex kini jadi pemasok sasis nomor satu di kancah Moto2.

C-01 memang dibikin sebagai motor elit! Mesinnya saja 1195 V-twin. Tuh tenaga sudah mendekati MotoGP, C-01 dengan 200 bhp. Berat motor dalam keadaan kering 180 kg. Kalau basah ya tergantung basah oleh air hujan di Indonesia atau banjir di Inggris, ya beda. Bukannya menjelekkan negeri sendiri, hujan di sini terbawa polusi banyak, banjirnya pun sampah semua. Ah, nggak nyambung.

Tapi, yang ak kalah heboh adalah bodi dan rangkanya yang terbuat dari carbon fibre, titanium, dan plat baja khusus yang biasanya digunakan untuk bikin pesawat terbang. Kabar lainnya, motor ini hanya akan diproduksi 100 unit dan siap edar dalam beberapa bulan ke depan.

Harga jualnya belum ditentukan, masih ditimbang-timbang. Untuk sementara ya nikmati saja beberapa gambarnya di halaman ini. Kayaknya di Indonesia akan muncul dengan dana Hambalang dan  para koruptor lain sudah pesan. Biasa uang korupsi lebih mudah dihamburkan, dapatnya nggak halal. Ya, maaf para koruptor.  Andro

BACA JUGA 

 

BAGIKAN