nhk

Lubangi Tutup Tangki Bensin, Biar Lancar..!

ManiakMotorMustaqim biker pembesut Suzuki Drive dibikin pusing. Pacuannya sering mendadak mati saat melaju.  Bensin yang ada ditangki tak lancar mengalir jadi dugaan awal. Karena saat dicek cadangan bensin pada karbu habis, padahal bensin di tangki masih banyak.

Tangki juga bersih. Ternyata dari tutup tangki masalahnya. Standar tutup tangki sebenarnya ada lubang  kecil untuk pernapasan (gbr-1). Tapi seiring wakti bisa saja celah kecil ini tertutup kerak. “Udara susah masuk saat vakumnya bekerja. Maka bensin tidak sampai ke karbu,”deteksi Suwoyo dari bengkel Woyo Motor di Danraja, Banjarnegara, Jateng.

Maka pria yang akrab disapa Woyo itu coba memberikan solusi sederhana tapi cukup membantu. “Pertama cek lubang pernapasaanya dulu, barangkali tersumbat, tinggal bersihkan dengan udara bertekanan (gbr2). Boleh juga dicolek-colek pakai tusuk gigi,”jelas Woyo yang memang baik hati, ramah dan tak pelit ilmu itu. Suit…suit..

Lalu, kalo memang belum beres,“Terpaksa bikin kecil tambahan pada tutup tangki bagian atas. Pakai bor listrik dengan mata bor yang paling kecil 2 mm atau sebesar lubang aslinya. Jangan pakai paku, agak riskan,” lanjut Woyo.

Terima kasih ilmunya bro. Ardel

TIPS LAIN:

Setting Karburator Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)

Bore-Up Mio Mudah, Murah, Dan Aman. Pakai Piston Smash..!

Gigi Nanas Spidometer, Pengganti Pisau Tuner

Ganti Kampas Rem Vario (Tips Standar)

Ganti Oli Transmisi Matik


BAGIKAN