nhk

M1 Masih Understeering, Strategi Rossi Berubah Di MotoGP Jerman 2018, Puji Lawan

ManiakMotor – Understeer lawannya oversteering. Kalau under motor cenderung ke luar melebar dari tikungan. Entah posisi masuk atau keluar sudut. Biasanya sih salah satunya! Untuk mendapatkan racing line yang tepat, motor kudu pelan dari pada yang pas alias nggak understeering.

Itu yang dikatakan Valentino Rossi pada jumpa pers wajib menghadapai ronde 9 MotoGP di sirkuit Sachsenring, Jerman pada Kamis 12 Juli 2018. Lomba di Jerman ini akan dimulai pada Jumat (13/7) dengan sesi FP1 dan FP2, “Motor saya masih banyak gejala understeer di sirkuit sempit dan banyak tikungan Sachsenring,” papar Rossi yang berjanji akan menanggulangi masalah ini sejak FP1.

Maksudnya motornya nggak leluasa bisa masuk dan keluar di 13 tikungan Sachsenring. Tikungannya banyak yang ke kiri pula, tuh dari 13 lekukan, 10 di antaranya ke kiri. Itu tadi, untuk tepat masuk dan lepas dari tikungan, M1 Rossi nggak bisa secepat lawan.

Makanya pembalap Italia ini ubah strategi lebih banyak memuji Marc Marquez yang katanya sangat kuat di semua sirkuit. Harus ada strategi khusus untuk mengimbangi pembalap Honda tersebut, “Marc tahun ini sangat kuat di semua sirkuit. Ini butuh kerja keras untuk melawannya. Apalagi di Sachsenring ini,” sebut Rossi yang kebetulan duduk di samping Marquez saat jumpa pers tersebut.

Pembalap Honda itu memang sudah lima kali berturut juara di Jerman. Juaranya pun diawali dengan pole position. Sedang Rossi terakhir juara di Sachsenring pada 2009, sudah lama. Raider

BAGIKAN