nhk

M1-Nya Tangguh, Tapi Rossi Tidak Biasa Ban Hard Dan Terpaksa di MotoGP Mugello 2018

ManiakMotor – Suhu saat ronde 6 MotoGP di sirkuit Mugello, Italia pada Minggu 3 Juni 2018 meningkat. Saat itu udara sekitar 30ºC dan lintasan 51ºC. Panas buat Yamaha. Itu memaksa Valentino Rossi harus memilih ban yang selama ini sangat jarang dia gunakan.

Hasilnya susah payah masuk-keluar tikungan mengimbangi kecepatan musuh, apalagi dua Ducati. Masih untung dapat ketiga, “Motornya sangat tangguh. Sayang sangat repot dengan senyawa ban dan aspal yang menggunakan ban hard. Saya sangat jarang menggunakan ban tipe ini, termasuk dari sesi latihan di Mugello,” sebut Rossi yang sudah mensyukuri naik podium ketiga demi menghibur fans setianya di tribun Mugello.

Kalau sangat jarang, artinya tidak mendalami perilaku tipe ban hard. Padahal, M1 Rossi hanya roda sebelah pakai ban keras, yakni depan. Sedang belakang menggunakan kompon medium. Biasanya The Doctor pakai medium-medium atau medium-soft yang membuatnya leluasa memberi power.

Tapi di Mugello terpaksa, ya itu tadi soal matahari yang tiba-tiba terik. Kalau membaca  data, panasnya seperti daerah tropis. “Tapi ada untungnya juga, ban karas bisa antar saya sampai finish podium. Bannya kuat walau harus kerja keras sepanjang loma. Juga memberi keuntungan dari Andrea Iannone dan Danilo Petrucci yang pakai lebih lembut,” cerita Rossi dari dua lawan senegara bertarung dengannya sampai lap akhir.

Intinya Rossi dengan juara ketiga, peringkatnya di klasemen menggantikan rekan setimnya, Maverick Vinales kedua. Selisih juga lumayan menipis dengan Marc Marquez yang 75 angka. Sedang Rossi sudah mengumpulkan 72 angka. Walah ketemu lagi beda genarasi tersebut. MM

 

BAGIKAN