nhk

Manajemen Silverstone Sesalkan Hak Mereka Dicabut Gagalnya MotoGP Inggris 2018

ManiakMotor – Gagalnya ronde 12 MotoGP di sirkuit Silverstone, Inggris pada 26 Agustus 2018, bukan semata hujan. Tapi pengaspalan ulang lintasan di negara kerajaan itu, tanpa perhitungkan pembuangan air. Saluran-saluran air atau drainase untuk mengalirkan genangan kurang tertata. Itu yang bilang pembalap dan tim, shingga gampang tercipta  aquaplaning pada ban motor.

Dijawab Direktur Pelaksana Silverstone yang bernama Stuart Pringle. Kata dia, pihaknya telah maksimal agar balapan tetap berlangsung, “Semua SDM kami kerahkan bahkan memanggil ahli teknik sipil. Akan tetapi, pembatalan bukan pada kendali kami. Di MotoGP ada promotor namanya Dorna, Safety Commission, Race Direction, IRTA dan pembalapnya sendiri,” sebut Pringle yang kalau ditanyakan pada dirinya, lomba dijalankan atau tidak keputusannya sejak siang, bukan sore!

Stuart Pringle

Menurut Pringle juga, balapan bisa dijalankan. “Sekali lagi, itu bukan hak kami. Semua hak  diambil alih dari tangan kami. Itu sangat disesalkan. Ini bukan perkara mudah, karena seluruh tim, penggemar termasuk penonton banyak menghabiskan duit yang tidak sedikit. Kami sangat meminta maaf untuk ini,” tambah Pringle yang akan miminta maaf pada semua pihak yang telah dirugikan oleh event ini.

Seperti diketahui, lomba MotoGP yang biasanya di Inggris race MotoGP jam 13.00 dimajukan jadi  pukul 11:30. Jadwal ini sudah diatur sejak Sabtu, karena ramalan cuaca di sana menyatakan Minggu sore akan hujan deras dan panjang. Eh sebelum jam itu, hujan malah turun dan balapan ditunda sampai 14.00 waktu setempat. Gagal lagi karena hujan terus berlanjut, genangan juga banyak hingga diumumkan ditunda pukul 16:00 waktu setempat, tetap tak berhasil dan akhirnya dibatalkan atas kesepakatan seperti ditulisan ini.

Sejak awal manajemen Silverstone minta keputusan segera, agar balapan berlanjut atau tidak. “Kalau memang dibatalkan umumkan segera. Tapi itu tadi, hak kami sudah dicabut. Saat bersamaan Dorna meyakinkan Silverstone, bahwa tim-tim itu bersedia balapan jika kondisinya membaik,” tukas Pringle dengan nada yang gimana gitu.

Pada akhirnya manajemen Silverstone akan meninjau ulang semua data pengaspalan. Mereka akan melakukan penyelidikan bersama kontraktor dan semua yang terkait dalam proyek pengaspalan ulang. Karena pengasapalan ulang ini, drainase sirkuit tidak berfungsi sebagai mana mestinya. MM

BACA JUGA
Resmi MotoGP Inggris Di Silverstone 2018 Dibatalkan…!

Race MotoGP Silverstone 2018 Dijanjikan Pukul 16.00 Atau Jam 22.00 WIB

Race MotoGP Silverstone 2018 Ditunda, Hujan Deras

Jelang Race MotoGP Inggris 2018: Manajemen Silverstone Perbaiki Saluran Air Sirkuit

Race MotoGP Di Silverstone 2018 Terancam Batal, Lihat Cuaca..!

BAGIKAN