nhk

Marc Marquez Dirayu Pindah Ke Formula 1 Pada 2021, Mau Nggak?

ManiakMotor – Di roda dua saja sangat cepat, apalagi dengan roda empat. Kira-kira begitu pemikiran Helmut Marko, Bos Red Bull Motorsport. Maka dia mempersilakan Marc Marquez untuk memperkuat timnya di F1 pada 2021.

Di tahun 2021 itu, Marquez habis kontrak dengan Honda. Sebelum, Marquez berpikiran ke  Yamaha, Suzuki atau merek lain, maka dia menawarkan duluan, “Saya lihat dia (Marquez berbakat besar untuk melaju dengan F1 dengan tim kami,” rayu Marco.

Marquez sendiri baru lalu jajal duduk di kokpit F1 di lintasan Red Bull Ring Austria yang dipandu oleh Mark Webber, pembalap F1 kenamaan. “Pertama kali mengemudi Formula 1, lebih gugup dari akhir pekan balapan MotoGP. Saya hampir tidak bisa tidur,” tutur Marquez.

Marquez menyebut perbedaan naik motor MotoGP dan F1. F1 dengan empat rodanya bisa direm dekat tikungan. Di saat itu, gaya ‘G’-nya sangat terasa oleh Marquez. Lha iyalah, bayangkan dari kecepatan di atas 300 km/jam bisa mengerem di jarak 50 meter. Sementara di MotoGP sejak 200 meter sudah mulai atur rem.

Yang mendebarkan juga tikungan cepat. Jelaslah lebih cepat dari pada motor, “Webber dan Helmut, bilang saya punya kecepatan. Tapi saya masih sangat mencintai balap roda dua,” tambah Marquez seperti menolak halus tawaran tersebut.

Selama ini juara dunia GP Bike dari era GP350, GP500 sampai MotoGP yang pindah ke balap mobil, belum pernah ada langsung juara dunia. Malah ada yang bukan juara dunia dari balap motor dan sukses di balap mobil. Contoh  John Surtees, dia mantan pembalap motor yang juara dunia F1 pada 1964), Mike Hailwood yang bisa juara Formula 2 Eropa pada 1974 dan F1 dan dan Johnny Cecotto F2, F1 dan DTM). MM

BAGIKAN