nhk

Marc Marquez Disebut Sachsenking, Rajanya Sachsenring Di MotoGP

ManiakMotor – Dari semua kelas 9 kali pole, 9 tahun berturut juga juara di sirkuit Sacnsenring, Jerman. Pungkasnya dituntaskan di ronde 9 pada Ahad 15 Juli 2018 di sirkuit tersebut, ya juara lagi. Makanya ada istilah jadi Sachsenking.

Itulah Marc Marquez. Juara kemarin, bikin Marquez tidak terkalahkan dalam 6 laga MotoGP di sirkuit tersebut, ditambah 3 kemenangan dari GP125 dan Moto2.  “Ich liebe dich Sachsenring,” kata Marquez yang artinya aku cinta kamu Sachsenring dalam bahasa Jerman, negara tempat sirkuit tersebut.

Akan tetapi penggemarnya menyebutnya Marquez adalah Sachsenking alias rajanya Sachsenring. Piawai menaklukan 13 tikungan pada sirkuit stop and go yang 10 di antaranya ke kiri. Cekatan mengubah-ubah arah motor di sirkuit yang pendek, otomatis sebentar-sebentar menikung.

Memang didukung karakter bodi dan mesin RC213V yang digebernya yang ampuh di gigi rendah dan mudah berubah arah. Juga kebiasaan Marquez rem dalam, buka cepat, dan gelantungan. Juga masih muda, energik.

Akan tetapi, skill yang dominan ditunjukan Marquez ketika dia memilih ban belakang soft. Ujian ini sodara-sodara…! Sembari balap ikut berpikir mengelola kompon, “Prioritas pertama di balapan ini adalah ban,” kata pembalap Spanyol yang sekarang sudah memimpin 46 point dari kejaran Valentino Rossi di klasemen.

Hebatnya dengan ban lembut tersebut, kecepatan awal sampai finish konstan bro. Bayangkan dengan ban yang mudah over heat itu  pada lap 22 dia masih fastest lap dengan 1’21.643. Dan itu kecepatan tertinggi dari seluruh pembalap ketika lomba.

Marquez bilang kemenangannya kali ini, rada berjuang, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, “Sebabnya, sejak FP1 sampai lomba kering terus. Banyak pembalap yang mampu membangun set-up dengan apik. Tapi 4 lap terakhir saya sudah nekat pacu terus dengan ban lembut,” tambah Marquez sembari  menutup pembicaraan ki. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Jerman Sachsenring 13 – 15 Juli 2018 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Race MotoGP Sachsenring 2018: Marquez Perpanjang Juara, Rossi Kedua Layak Dipuji Staminanya

 

BAGIKAN